Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Di tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19, ada dua negara yang menjadi perhatian dunia, yakni Indonesia dan Korea Utara.

Sama halnya dengan di Indonesia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan tak ada satu kasus positif corona di Korea Utara. Padahal, secara geografis, antara Korea Utara dan Cina terbilang tak begitu jauh.

“Kami mencatat tak ada tanda-tandanya. Tak ada indikasi sehingga tak perlu penanganan,” ujar Kepala Program Gawat Darurat WHO, Mike Ryan di Jenewa, Selasa 18 Februari 2020.

Namun, WHO tetap saja meminta pemerintah Korut untuk waspada bilamana virus itu masuk. WHO juga menyerahkan beberapa perlengkapan laboratorium yang dibutuhkan untuk uji diagnostik.

Rodong Sinmun, koran resmi partai penguasa Korut mengutip pejabat kesehatan masyarakat yang menyatakan negeri itu tak memiliki kasus Corona baru yang terkonfirmasi sampai saat ini.

Pakar mengatakan corona yang menewaskan lebih dari 2.000 orang di China itu dapat menghancurkan sistem kesehatan yang kekurangan sumber daya di Korut. Pekan lalu Departemen Luar Negeri AS mengatakan pihaknya sangat prihatin terhadap kemungkinan dampak Corona di Korut dan siap membantu usaha menangani penyebaran virus di sana.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here