Sabar Ya! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Dipakai pada Oktober 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pembangunan sejumlah fasilitas kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini terus digeber. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa direncanakan kereta cepat tersebut bisa dipakai pada Oktober 2022.

“Januari itu kereta cepat sudah tersambung si relnya, si betonnya. Pertengahan tahun depan si rel besi-besinya mulai berjalan, kemudian eksperimen kereta pertama,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu dalam acara virtual, Selasa, 13 Juli 2021.

Konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) sebelumnya berencana mengejar penyelesaian pembangunan 13 tunnel atau terowongan kereta cepat Jakarta-Bandung sebelum akhir tahun 2021. Saat ini, KCIC telah menyelesaikan delapan terowongan.

“Tahun ini akan selesai terowongan. Di kuartal III 2021, semua terowongan kereta cepat akan tembus,” ujar Corporate Secretary KCIC Mirza Soraya, beberapa waktu lalau.

Penyelesaian pengerjaan terowongan akan mempercepat finalisasi konstruksi pembangunan proyek kereta cepat yang ditargetkan sudah kelar sebelum akhir 2022. Pada November tahun depan, KCIC memproyeksikan sepur dengan kecepatan 350 kilometer ini sudah bisa beroperasi menyambut tamu-tamu G20.

Bahkan, Mirza mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Cina Xi Jin Ping sudah bisa menjajal langsung kereta hasil kerja sama investasi dua negara itu.

“Mudah-mudahan di November (2022) bisa dicoba Presiden RI dan Cina,” katanya.

Per akhir Mei 2021, KCIC mencatat proyek pembangunan kereta cepat telah mencapai 74 persen. Pada akhir Juli atau Agustus nanti, KCIC akan merampungkan struktur elevated atau struktur layang dengan panjang total sekitar 80 kilometer.

Secara simultan, KCIC juga tengah menyiapkan kebutuhan sumber daya manusia atau SDM yang nantinya akan menjadi pelaksana pengoperasian kereta cepat. Mirza mengatakan perusahaan sedang menyiapkan standar operasional prosedur atai SOP.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Sambut Pilkada 2024, PDIP Kulon Progo Jaring Empat Nama Kadernya Maju Bacalon Bupati

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Kulon Progo sedang melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Ketua DPC PDI Perjuangan Kulon Progo, Fajar Gegana, menyatakan bahwa penjaringan ini dilakukan melalui rapat kerja cabang yang diadakan serentak di 12 pengurus anak cabang (PAC). Salah satu agenda utama adalah penjaringan dari tingkat bawah untuk bakal calon bupati dan wakil bupati.
- Advertisement -

Baca berita yang ini