Rupanya Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Kabur ke Singapura Ketahuan Belanja di Toko Pakaian

Baca Juga

MATA INDONESIA, SINGAPURA – Ketahuan sekarang, kemana kaburnya Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa. Seorang penumpang di bandara internasional Changi mendapatkan foto Rajapaksa sedang berbelanja di sebuah toko pakaian di Changi.

Foto ini muncul beberapa jam setelah Rajapaksa melarikan diri dari negaranya.

Dikutip dari India Today, Sabtu 16 Juli 2022, seorang penumpang di bandara internasional mendapatkan foto Rajapaksa sedang berbelanja di sebuah toko pakaian. Ia bersama istrinya tengah memilih pakaian.

Gotabaya Rajapaksa melarikan diri dari negaranya setelah rumahnya dikepung massa yang protes akibat krisis ekonomi di negara itu yang semakin parah.

Awalnya dia melarikan diri ke Maladewa namun tidak betah karena sejumlah warga ekspatriat asal Sri Lanka berunjuk rasa di sana. Dia kemudian kabur ke Singapura sebagai negara terakhir persinggahannya.

Pada Jumat 15 Juli 2022, Rajapaksa mengirim surat pengunduran diri sebagai Presiden Sri Lanka ke parlemen.

Menurut India Express kemungkinan Rajapaksa memilih Singapura sebagai tempat pelarian sementara dan mungkin tempat dia bermukim selamanya. Keluarga Rajapaksa memiliki koneksi yang kuat di Singapura.

Dua saudaranya Mahinda dan Gotabaya sering bepergian ke negara kecil itu untuk alasan medis.

Gotabaya Rajapaksa menjalani operasi bypass jantung di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura pada Mei 2019, beberapa bulan sebelum pemilihan presiden dia menangkan. Ia memiliki seorang dokter pribadi di sana yakni orang Tamil Sri Lanka.

Pada Desember 2021, Rajapaksa berdebat dengan Parlemen selama empat minggu dan kesempatan itu dia gunakan ke Singapura lagi untuk pemeriksaan medis.

Mantan Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa juga telah dirawat di Singapura karena kondisi medisnya. Kementerian Luar Negeri Singapura mengonfirmasi Rajapaksa mendapat izin memasuki negaranya untuk “kunjungan pribadi”,

Kementerian menambahkan, “Dia tidak meminta suaka dan dia juga tidak diberikan suaka”.

Dia akan tinggal di Singapura untuk beberapa waktu, menurut sumber keamanan Sri Lanka, sebelum berpotensi pindah ke Uni Emirat Arab.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini