Riau Targetkan Ekspor Udang Air Payau

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Udang Vaname menjadi salah satu potensi di daerah pesisir Provinsi Riau. Pemerintah Negeri Lancang Kuning mengatakan, budidaya udang vaname menjadi salah satu sektor yang penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Budidaya udang vaname ini tidak kalah menguntungkan dari perkebunan sawit,” ucap Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Odor Juliana.

Potensi pengembangan budidaya udang vaname atau udang air payau di Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai, kata Odor, sangat menjanjikan. Misalnya, di Kabupaten Bengkalis, lahan tambak udang varane seluas 1,300 hektar, akan tetapi yang baru difungsikan baru 100 hektar dengan jumlah tak lebih dari 61 pembudidaya.

Odor mengatakan, apabila masyarakat memiliki lahan seluas 1,000 meter persegi, maka berpeluang mendapatkan keuntungan sebesar 87 juta Rupiah. Sedangkan untuk masa panen selama tiga sampai empat bulan.

Dalam waktu dekat, udang air payau ditargetkan akan diekspor ke sejumlah negara, mengingat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi udang yang akan diekspor meningkat sebanyak 250 persen tahun 2019-2024.

“250 persen yang akan ditingkatkan ekspornya, dalam rangka memenuhi inilah makanya KKP akan menumbuhkan usaha baru dan produksi baru salah satunya yang adalah Dumai,” sambungnya.

Sayangnya, pandemi virus corona mendistraksi budidaya udang vaname, terutama saat mendatangkan benih. Odor mengungkapkan, benih yang didatangkan berasal dari Hawai, sehingga menyulitkan untuk melakukan impor.

“Oleh karena itu sering terjadinya penyakit. Karena itu tadi tidak jelas asal benihnya. Pernah juga kemarin terjadi kematian massal pada udang vaname yang baru ditebar. Berarti itu asal bibitnya, benihnya yang tidak bagus,” tuntasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini