Ratusan Ribu Obat Anti-Covid-19 Didatangkan Hadapi Lonjakan Kasus Omicron di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menghadapi lonjakan kasus Covid-19 dari varian Omicron yang diperkirakan akhir Februari-awal Maret 2022, pemerintah sudah mendatangkan ratusan ribu obat paxlovid buatan Pfizer.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, pada Minggu 16 Januari 2022.

“Pemerintah sudah menyiapkan obat-obatan seperti Paxlovid bahkan akan diproduksi di Indonesia Maret-April 2022,” ujar Menteri Budi.

Namun, tahap awal akan datang sekitar 400 ribu pil mulai Februari 2022 dan akan berlanjut hingga diproduksi di dalam negeri.

Budi menyatakan obat-obatan anti Covid-19 itu tidak hanya bisa di dapat di rumah sakit tetapi juga akan dijual umum di apotek dengan kadar dan jenis yang berbeda-beda.

Sebelumnya, Pfizer mengklaim obat anti-Covid-19 Paxlovid 90 persen efektif mencegah rawat inap dan kematian pasien berisiko tinggi.

Kepala Ilmuwan Pfizer, Mikael Dolsten mengatakan, berdasarkan data analisis akhir, tak seorang pun yang terlibat dalam uji coba penggunaan obat Pfizer itu meninggal dunia.

Pfizer juga merilis data awal dari studi kedua yang menunjukkan obat tersebut mampu mengurangi rawat inap sekitar 70 persen pada orang dewasa berisiko standar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

1.253 Calon Haji Sleman Menuju Tanah Suci, Kemenang Sebut Ada Enam Kloter yang Diberangkatkan

Mata Indonesia, Sleman - Sebanyak 1.253 calon jamaah haji dari Kabupaten Sleman akan segera diberangkatkan. Kegiatan pamitan Haji Tahun 2024 digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. "Pada tahun ini, sebanyak 1.253 jamaah Sleman akan menunaikan ibadah haji setelah menunggu selama kurang lebih 12 tahun," ujar Kepala Kantor Kemenag Sleman, Sidik Pramono Senin 20 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini