Rakyat Korea Utara Sedih Lihat Kim Jong Un Kurusan

Baca Juga

MATA INDONESIA, PYONGYANG – Rakyat Korea Utara bersedih lantaran pemimpin mereka, Kim Jon Un kurusan. Dalam sebuah rekaman video, putra dari mantan Presiden Kim Jon Il tersebut terlihat mengalami penurunan badan.

Komentar publik yang jarang tentang kesehatan Kim muncul setelah analis asing mencatat pada awal Juni bahwa pemimpin otokratis itu tampaknya telah kehilangan berat badan yang signifikan.

“Melihat sekretaris jenderal yang dihormati (Kim Jong Un) tampak kurus sangat menghancurkan hati rakyat kami,” kata salah satu warga Korea Utara dalam sebuah wawancara yang disiarkan oleh lembaga penyiaran negara KRT, melansir Reuters.

“Semua orang mengatakan bahwa air mata mereka menggenang,” sambungnya.

Dalam video tersebut, warga Pyongyang terlihat menonton sebuah layar lebar di jalan yang menunjukkan konser dan turut dihadiri oleh Kim Jong Un dan pejabat partai setelah rapat pleno Partai Pekerja Korea (WPK).

Setelah hampir sebulan tidak muncul ke permukaan, Kim akhirnya menampakkan di diri pada Juni. Analis di NK News – sebuah situs web yang berbasis di Kota Seoul yang memantau Korea Utara, menyoroti arloji yang dikenakan Kim tampak diikat lebih erat, lantaran tanggannya terlihat lebih ramping.

Mengingat cengkeraman ketat Kim pada kekuasaan di Korea Utara dan ketidakpastian atas rencana apa pun untuk penggantinya, media internasional, agen mata-mata, dan spesialis mengawasi kesehatan pria berusia 37 tahun itu dengan cermat.

Spekulasi awal tahun lalu tentang kesehatan Kim meledak setelah ia melewatkan perayaan ulang tahun pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April. Kim Jong Un kemudian muncul kembali di hadapan publik pada awal Mei.

Tahun 2014, media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa Kim Jong Un menderita ketidaknyamanan, setelah lama tidak terlihat oleh publik.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini