Presiden Amerika Serikat Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA-Seorang profesor sejarah, Lichtman memprediksi bahwa Presiden Amerika saat ini Donald Trump bakal kehilangan Gedung putih tahun ini.

Bukan tanpa alasan, prediksi dirinya dinilai akurat dan itu terbukti saat pemilu presiden Amerika Serikat Ronald Reagen kembali memenangkan pilpres AS pada 1984 dengan “13 sistem kunci”.

Kini Lichtman dengan “13 kunci penentu” siap memprediksi pilpres 2020. Dalam wawancara dengan stasiun televisi CNN, Lichtman yakin dengan jawabannya.

Prediksi Lichtman berdasarkan model “13 kunci” dalam sistem penentu, termasuk faktor-faktor seperti ekonomi, jabatan, kerusuhan sosial, skandal, dan juga kharisma personal kandidat.

“Rahasianya adalah terus mencermati gambaran besar dari kekuatan sang petahana dan kinerjanya. Jangan perhatikan survei, para pengamat, dan kampanye harian. Dan itulah kunci-kunci tolak ukurnya,” ujar Lichtman, Senin 10 Agustus 2020.

Ketika ditanya apakah model kuncinya bisa memprediksi sesuatu yang lain seperti pandemi Covid-19, Lichman masih tetap percaya diri.

Menurutnya, jika menilik sejarah masa lalu dan prediksi masa depan, faktor-faktor kunci ini sudah ada sejak 1860. Jadi sistem kunci ini sudah mapan, sehingag dirinya tidak meragukan faktor-faktor kunci ini.

“Faktor-faktor ini sudah melalui berbagai perubahan besar dalam politik kita, ekonomi, demokrasi kita. Jangan meragukan faktor-faktor kunci ini,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here