Pilkada 2020, Jusuf Kalla: Saya Sarankan Ditunda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tokoh nasional sekaligus mantan Wapres RI Jusuf Kalla atau JK meminta penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 ditunda karena alasan pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

JK berkata, sebaiknya Pilkada 2020 diundur hingga vaksin Covid-19 ditemukan, serta angka penyebaran virus tersebut melandai.

“Saya sarankan ditunda dulu sampai beberapa bulan sampai dengan vaksin ditemukan dan sampai vaksin ditemukan nanti langsung menurun itu,” kata JK di Jakarta, Sabtu 19 September 2020.

Lebih lanjut, JK menjelaskan, penundaan ini juga harus dilakukan jika paslon peserta pilkada tak bisa menertibkan pendukungnya untuk taat protokol kesehatan.

“Kalau memang sulit dan ternyata susah untuk mencegah perkumpulan orang hanya 50 sesuai aturan yang dikeluarkan oleh masing-masing gubernur, maka lebih manfaat ke masyarakat itu bisa ditunda pilkada,” ujarnya.

Menurutnya, banyak wali kota dan bupati masa baktinya habis pada tahun depan. Sehingga, dia menilai, tidak akan menjadi kendala jika pilkada ditunda.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini