Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I Terkontraksi 2,97 Persen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2020 diklaim 2,97 persen. Angka ini terkontraksi dibandingkan periode sama tahun lalu 5,07 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia yang melemah ini mulai dipengaruhi kondisi global pada triwulan I-2020 yang mengalami kontraksi karena adanya penyebaran COVID-19.

“Kondisi ini sama seperti yang dialami negara-negara lain yang mengalami perlambatan begitu dalam,” kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Selasa 5 Mei 2020.

Diketahui, pertumbuhan ekonomi triwulan I 2020 ini mencapai minus 2,41 persen (quartal-to-quartal/qtq). Angka ini lebih rendah dari triwulan IV 2019 yang minus 1,74 persen (qtq).

Baca Juga: Aman dari Corona, Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Masih 4 Persen

Perlambatan ekonomi yang dialami Indonesia ini juga terjadi beriringan dengan negara lain. Situasi ini terjadi seragam sebagai dampak dari Covid-19.

Di negara-negara tetangga, pertumbuhan ekonomi Singapura pada triwulan I 2020 minus 2,2 persen, turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 1 persen. Lalu Vietnam, turun dari 6,8 persen menjadi 3,8 persen.

Selain negara tetangga, pertumbuhan ekonomi di negara besar yang jadi mitra dagang Indonesia juga turun. Pertumbuhan ekonomi Cina pada triwulan I 2020 ini minus 6,8 persen, dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 6,4 persen.

Lalu Amerika Serikat turun dari 2,7 persen menjadi 0,3 persen. Kemudian Korea Selatan dari 1,7 persen menjadi 1,3 persen. Terakhir Uni Eropa dari 1,7 persen menjadi minus 2,7 persen,

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat memproyeksikan pertumbuhan ekonomi triwulan I-2020 bisa mencapai kisaran 4,5 persen-4,6 persen atau mulai di bawah lima persen. Angka perkiraan ini masih lebih optimis karena pada periode Januari hingga awal Maret 2020 kegiatan perekonomian belum terdampak COVID-19.

Namun ia memastikan perkiraan realisasi yang positif itu tidak akan berlanjut karena pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2020 mulai terdampak dari penyebaran wabah yang makin meluas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini