Pengoptimalan Sektor Kewirausahaan Bisa Putus Rantai Kesenjangan Ekonomi di Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kewirausahaan dinilai bisa menjadi salah satu solusi penting untuk memutus rantai kesenjangan perekonomian yang terjadi di tanah Papua. Maka, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar menegaskan bahwa pengentasan kesenjangan tersebut bisa dimulai dari memberikan peran yang signifikan kepada anak-anak muda di Papua.

“Mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, dan kurangi angka pengangguran adalah dengan menjadikan anak-anak muda Papua sebagai pelaku pembangunan,” kata Bily Mambrasar dalam diskusi berjudul Strategi Optimalisasi UMKM Papua di Masa Covid-19 di Kanal Youtube Populis Indonesia TV, Selasa 1 Juni 2021.

Selain itu, Billy juga mengatakan bahwa untuk mewujudkan pemerataan ekonomi di Papua, para anak-anak muda bisa berkolaborasi dengan pemerintah pusat. Upaya ini bisa dimulai dengan meningkatkan kapasitas anak-anak muda Papua hingga mampu memiliki kualitas yang baik dalam berwirausaha.

“Maka konsep yang dipakai adalah membangun bersama (co-creation), maka anak-anak muda harus punya kapasitas, kapasitasnya adalah mampu bermitra dengan pemerintah yaitu melaui sektor kewirausahaan,” kata Billy.

Meski demikian, hal tersebut memang tidak mudah mengingat masih ada beberapa hambatan. Tantangan yang harus dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas generasi muda yakni meliputi masih kurangnya rasa ingin tahu hingga kemampuan berinovasi yang masih belum optimal.

Maka, Billy menilai perlu ada pelatihan bagi masyarakat Papua khususnya generasi muda untuk mendapatkan pelatihan khususnya dalam bidang kewirausahaan.

Ia juga menambahkan bahwa upaya untuk terus memajukan Papua khususnya yang digerakkan oleh anak-anak muda Papua juga merupakan wujud dari Instruksi Presiden No. 9 tahun 2020.

“Komitmen Pak Jokowi untuk memajukan Papua, untuk memajukan orang Papua, tidak berubah. Oleh sebab itu, beliau mengeluarkan Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2020, yaitu tentang Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat, di mana Orang Asli Papua akan menjadi sasaran utama dari program peningkatan kesejahteraan tersebut,” kata Billy.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Gegap Gempita Euforia Timnas U-23, BIN Selenggarakan Nonton Bareng Laga Indonesia vs Uzbekistan

Jakarta - Timnas Indonesia U-23 terus melaju di Piala Asia U-23 2024 dan menghadapi Uzbekistan dalam partai semifinal Piala...
- Advertisement -

Baca berita yang ini