Pemusatan Latihan Tim Nasional Indonesia Diundur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-19 rencananya memulai pemusatan latihan (TC) Sabtu 25 Juli 2020. Tapi, rencana tersebut diundur menjadi Sabtu 1 Agustus 2020.

Pemain timnas Indonesia dan U-19 serta ofisial sudah tiba di Jakarta sejak Kamis (23/7/2020) untuk melakukan pemusatan latihan (TC). Satu hari sebelumnya pelatih Shin Tae-yong juga sudah mendarat di Jakarta setelah melakukan perjalanan Korea Selatan.

“Sesuai arahan Ketum PSSI (Mochamad Iriawan), setelah Shin Tae-yong tiba di Jakarta kami langsung melakukan koordinasi dengannya. Dan pelatih Shin Tae-yong menyiapkan program latihan perdana di lapangan pada 1 Agustus mendatang,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI, Senin 27 Juli 2020.

Pada Jumat (24/7/2020), seluruh pemain dan ofisial timnas Indonesia dan U-19 juga telah melakukan swab test atau Polymerase Chain Reaction (PCR). Tes usap ini dilakukan oleh petugas medis dari RS Royal Progress, Jakarta yang telah bekerja sama dengan PSSI di Hotel Fairmont, Jakarta tempat menginap timnas Indonesia.

“Pemain akan melakukan kegiatan di hotel sambil menunggu hasil swab test yang kira-kira akan keluar tiga atau empat hari usai swab test dilakukan. Kami (tim dokter PSSI) akan melakukan perbaikan nutrisi kepada pemain terutama kebiasaan saat mereka makan. Sambil menunggu hasil swab test, kami melakukan simulasi latihan dengan protokol kesehatan di hotel sebelum dilakukan latihan perdana,” ungkap dokter sekaligus kepala tim medis PSSI, Syarif Alwi.

Sejak tiba di hotel Fairmont Jakarta, pemain dan ofisial juga sudah melakukan protokol kesehatan secara ketat yang diawasi langsung oleh tim kesehatan atau medis PSSI. Mereka selalu memakai masker dimulai saat keluar kamar, menjaga jarak saat melakukan kegiatan seperti makan, rajin cuci tangan memakai sabun, selalu membawa hand sanitizer, pengecekan suhu, dan lain-lain.

Bagi timnas Indonesia, TC ini sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tiga laga tersebut yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10/2020), menjamu Uni Emirat Arab (13/10/2020), dan tandang ke Vietnam (12/11/2020). Selain itu untuk menghadapi Piala AFF pada bulan November-Desember mendatang. Timnas Indonesia terakhir melakukan TC pada bulan Februari lalu di Jakarta.

Sedangkan timnas U-19 digembleng untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini