Pangeran Philip Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Jumat (9/4) pagi waktu setempat. Ia menutup mata di usia 99 tahun, demikian pengumuman pihak Istana Buckingham.

“Dengan kesedihan yang mendalam, Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kepergian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip –Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor,” demikian pernyataan Istana Buckingham, melansir BBC, Jumat, 9 April 2021.

Pangeran Philip yang lahir di Yunani, 10 Juni 1921 menikah dengan Putri Elizabeth tahun 1947 atau lima tahun sebelum Putri Elizabeth menjabat sebagai Ratu. Pangeran Philip sempat dirawat selama sebulan karena penyakit jantung dan meninggalkan rumah sakit pada Maret.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II memiliki empat anak, delapan cucu dan 10 cicit. Putra pertama mereka, Pangeran Wales, Pangeran Charles, lahir tahun 1948, diikuti oleh saudara perempuannya, Putri Kerajaan, Putri Anne, tahun 1950, Adipati York, Pangeran Andrew, tahun 1960 dan Earl of Wessex, Pangeran Edward tahun 1964.

Ayah Pangeran Philip merupakan Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, putra bungsu Raja George I dari Hellenes. Sementara ibunya, Putri Alice, adalah putri Lord Louis Mountbatten dan cicit Ratu Victoria.

Ucapan bela sungkawa datang dari Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. Ia  mengatakan bahwa sosok Pangeran Philip mengilhami kehidupan generasi muda di Inggris.

“Dia membantu mengarahkan keluarga Kerajaan dan monarki sehingga tetap menjadi institusi yang sangat penting untuk keseimbangan dan kebahagiaan kehidupan nasional Inggris,” kata Boris Johnson.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Masuk Radar PDIP Bantul sebagai Calon Bupati, Soimah Pancawati Punya Jawaban Begini

Mata Indonesia, Yogyakarta - Artis terkenal Soimah Pancawati masuk dalam radar DPC PDIP Bantul di Pilkada DIY 2024 mendatang. Bahkan tak hanya PDIP saja, beberapa partai lain juga melirik sosok penyanyi tersebut untuk bertarung di Pilkada, November 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini