Pandemi Covid-19 Dorong Transformasi Digital UMKM

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pandemi covid-19 mendorong kenaikan secara signifikan jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bertransformasi digital ke e-commerce. Hal itu dikatakan oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya.

Di awal pandemi, lanjutnya, hanya terdapat 8 juta UMKM yang terdigitalisasi, tetapi di bulan lalu sudah ada 18,5 juta UMKM yang onboarding.

“Ini meningkat sekitar 130 persen dari total UMKM yang go digital. Hal ini membuat tugas kita semakin mudah untuk mencapai target 30 juta UMKM terdigitalisasi di tahun 2024,” katanya.

Lebih lanjut, ia menganggap pandemi menjadi momentum terbaik bagi sektor UMKM untuk bergerak cepat dalam memanfaatkan secara maksimal sarana teknologi informasi.

Peningkatan jumlah UMKM yang terdigitalisasi diiringi pula dengan kenaikan ekonomi nasional pada kuartal 1 tahun 2022, yakni 5,01 persen secara tahunan (year on year). Dalam hal ini, pemerintah dinilai berhasil menjaga ketahanan ekonomi selama masa pandemi.

Peningkatan pemakaian teknologi informasi dari para pelaku bisnis, terutama UMKM, menjadi salah satu alasan atas kepulihan ekonomi Indonesia lebih cepat.

“Dampak negatif pandemi Covid-19 terhadap sektor UMKM yang menjadi salah satu dari tulang punggung perekonomian Indonesia dapat teratasi,” ungkap Eddy.

Seperti diketahui, pihaknya memiliki empat strategi transformasi UMKM dan koperasi menjadi lebih modern.

Pertama ialah transformasi usaha informal ke formal, lalu digitalisasi usaha, kemudian transformasi rantai nilai golbal, dan modernisasi koperasi.

“Kita juga menghadirkan koperasi modern yang berarti kita memanfaatkan digitalisasi dan modernisasi untuk koperasi, sehingga lebih mudah dijalankan. Antara lain menggunakan pembayaran secara digital (digital payment) dan memudahkan peminjaman ke bank,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini