Pandemi Covid-19 di Indonesia Bisa Jadi Endemi Jika Masyarakatnya Disiplin Prokes Sehingga Kasusnya Landai Terus

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia akan terbebas dari Covid-19 dari pandemi dan menuju kondisi endemi, jika masyarakat tetap disiplin menegakkan protokol kesehatan (prokes) sehingga kurva pandemi tetap landai seperti sekarang saat masuk Januari 2021.

“Tapi saat ini kita masih harus dalam kondisi yang waspada,” kata Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Adib Khumaidi di Jakarta, Selasa 2 November 2021.

Menurutnya, jika saat memasuki November dan Desember 2021 tren kasus hariannya naik, maka Indonesia harus bersiap menghadapi lonjakan kasus Covid-19 lagi.

Namun, Adib mengharapkan tidak akan separah Juli – Agustus 2021, sehingga para tenaga kesehatan yang sekarang sedang menjalani relaksasi harus memulihkan kondisi tubuhnya untuk menghadapi kemungkinan tersebut.

Sebaliknya, jika masyarakat semakin sadar dan paham bahaya Covid-19, diikuti dengan skrining dalam bentuk tes serta kontak erat dilacak dengan baik agar situasinya bisa dipantau dengan ketat.

Hal yang tak kalah penting dalam mengubah pandemi menjadi endemi adalah mempercepat perluasan cakupan vaksinasi terhadap penduduk Indonesia.

Saat ini sudah sekitar 120 juta penduduk Indonesia menerima vaksin dosis pertama dan sekitar 74 juta dosis kedua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini