Otoritas PNG Selidiki Milisi yang Siap Bantu KSTP Lawan TNI-Polri di Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Otoritas Papua Nugini (PNG) segera menyelidiki milisi yang mendeklarasikan melawan TNI-Polri untuk membantu Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP).

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri PNG, Soroi Eoe seperti dikutip postcourier.com.

“Mereka itu (milisi Papua Nugini–Red) benar-benar kriminal dan sedang diselidiki pemerintah,” ujar Soroi Eoe yang ditulis Kamis, 12 Mei 2021.

Bahkan Komandan Kekuatan Pertahanan PNG, Mayor Jenderal Gilbert Toropo mengatakan warga negara PNG tidak boleh campur tangan masalah internal Indonesia.

Kelompok itu menurutnya tidak mewakili negara PNG. Dia juga menuding milisi itu adalah kriminal yang mencoba melawan kebijakan pemerintahnya dengan tetangga dekat PNG yaitu Indonesia.

Toropo bahkan sedang memburu kelompok itu bersama aparat penegak hukum dan akan ditahan jika sudah ketemu karena telah membentuk pasukan ilegal di PNG.

Hal senada juga diungkapkan Plt Deputi Komisioner Polisi, Donald Yamasombi, yang menegaskan akan melindungi hubungi bilateral PNG dengan Indonesia dibandingkan kelompok kriminal itu.

Milisi yang terdiri dari warga sipil dengan baju loreng beberapa waktu lalu mendeklarasikan siap melawan TNI-Polri untuk bantu KSTP memisahkan Papua dari NKRI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini