Ngeri, Tanah di Blora Tiba-Tiba Semburkan Lumpur Panas, Tanda-Tanda Kiamat?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dukuh Sucen, Desa Gabusan, Kabupaten Blora, Kamis 27 Agustus 2020 usai subuh mendadak gempar karena lumpur panas dalam jumlah besar berwarna pekat menyembur dari dalam tanah setinggi 3 meter. Akibatnya 19 kerbau warga yang sedang digembalakan dekat semburan terkubur lumpur dan empat warga keracunan saat menghirup gas yang ikutannya.

Hingga kini semburan tersebut masih terjadi dan semakin tinggi seperti digambarkan seorang warga melalui rekaman video dan diunggah ke media sosial.

Dari 19 kerbau terkubur lumpur baru satu ekor yang ketemu dan warga terlihat sangat kesulitan mengevakuasi ternak itu dari jeratan lumpur pekat.

Sementara empat warga dukuh yang keracunan sekarang sedang dalam perawatan Puskesmas Doplang dan seorang lagi dibawa ke RS Habibullah.

Seorang polisi hutan di RPH Padas, Agus Rimbawanto yang saat letusan berada dalam radius 1 kilometer dari letusan menggambarkan betapa mengerikannya letusan lumpur panas dalam durasi 10 menit.

Dia menceritakan sebelum letusan itu, tidak ada pertanda apa-apa di tempat tersebut. Tanah pun tidak bergetar.

“Tiba-tiba ada suara gemuruh seperti bumi yang dipijak mau runtuh,” kata Agus menggambarkan kengerian yang dilihatnya, Kamis pagi.

Agus seperti dilansir bloraupdates, menuturkan sekitar 3 tahun yang lalu, di Kesongo juga pernah terjadi peristiwa serupa dan menewaskan satu orang.

Kepercayaan setempat adalah jika Kesongo terjadi letusan seperti lumpur panas tersebut, berarti sudah memasuki musim kemarau.

Berikut video upaya warga keluarkan kerbau dari timbunan lumpur panas Kesongo;

View this post on Instagram

19 kerbau terkubur lumpur dan 4 orang warga dilaporkan mengalami keracunan saat Meletusnya lumpur panas Kesongo di kawasan KPH Randublatung di Dukuh Sucen, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora. . "Yang baru ketemu 1 kerbau, yang lainnya belum ditemukan," kata anggota Babinsa, Serka Jatmiko, Kamis (27/8/2020). Jatmiko menambahkan, sementara ini diketahui ada 4 warga Dukuh Sucen, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, yang mengalami keracunan akibat menghirup asap letusan Kesongo. "Saudara Marno, Kadis, dan Sukimin langsung dirujuk ke Puskesmas Doplang sedangkan yang Warino di bawa Ke RS Habibullah," katanya. Saudara Marno, Kadis, dan Sukimin langsung dirujuk ke Puskesmas Doplang sedangkan yang Warino di bawa Ke RS Habibullah," katanya. . Sementara itu menurut kesaksian anggota Polhut di RPH Padas, Agus Rimbawanto, detik-detik meletusnya lumpur panas Kesongo sangat mengerikan. Saat peristiwa itu terjadi, Agus berada sekiat 1 kilometer dari pusat letusan. "Saya takut mas, saya sampai pegangan kayu jati," kata Agus. Agus mengatakan, durasi letusan lumpur panas Kesongo sekitar 10 menit. Dirinya mengakui peristiwa ini yang paling besar yang pernah terjadi. "Saya kaget juga. Nggak ada apa-apa, nggak ada gejolak apa-apa, tahu-tahu ada suara gemuruh seperti bumi runtuh," katanya. Menurut Agus, fenomena alam di Kesongo hampir mirip seperti di bleduk kuwu Grobogan. Dia bilang, yang disemburkan Kesongo adalah gas. "Informasi yang sudah-sudah, dan informasi dari sesepuh warga setempat, memang itu gas," katanya. Lebih lanjut, Agus menuturkan, sekitar 3 tahun yang lalu, di Kesongo juga pernah terjadi peristiwa serupa dan menewaskan satu orang.  Ardiles (42) warga setempat saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa Kesongo meletus. Dia mengungkapkan, Kesongo pernah meletus tapi tidak setiap tahun. "Kepercayaan orang sini jika kesongo meletus ada sesuatu pada bulan laboh (kemarau)," tuturnya. Follow @bloraupdates . . #blora #bloraupdates #rembang #pati #kudus #jepara #demak #semarang #salatiga #boyolali #magelang #solo #grobogan #sragen #klaten #ngawi #madiun #cepu #tuban #bojonegoro #surabaya #jogja #bandung #jakarta #bali #makasar #medan #ganjarpranowo #kesongo

A post shared by BLORA UPDATES (@bloraupdates) on

Video keganasan semburan lumpur panas Kesongo;

View this post on Instagram

Sekilas Info ?Tahan Sik Sing Rep Dolan Mrene. . Semburan lumpur bercampur gas muncul di lokasi wisata Geologi Kesongo, ikut Dukuh Sucen, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Blora, Kamis (27/08/2020) sekitar pukul 05.00 WIB. Di kejadian itu, seorang warga sempat menghirup gas beracun itu hingga mengalami mual-mual. Kapolsek Jati, Polres Blora, AKP Bajuri, ketika konfirmasi membenarkan kejadian itu, ada seorang warga yakni, Warno (40) warga Desa Gabusan, yang menghirup gas beracun itu dan mual-mual. Korban sempat dibawa ke Puskesmas terdekat dan rawat jalan. Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, menurut saksi mata, Suyatin (46), warga Dukuh Sucen, Desa Gabusan, peristiwa alam Kurdo ( keluarnya lumpur dan gas beracun dari dalam tanah disertai dengan letupan setinggi 1,5 Meter itu, terjadi Kamis (27/08/2020) sekitar pukul 05.00 WIB. Menurut keterangan warga sekitar lokasi, peristiwa tersebut sudah sering terjadi. Dimungkinkan karena faktor alam. Saat berita ini ditulis, semburan lumpur di Kesongo tersebut telah berhenti. * . Follow @bloraupdates . . #blora #bloraupdates #rembang #pati #kudus #jepara #demak #semarang #salatiga #boyolali #magelang #solo #grobogan #sragen #klaten #ngawi #madiun #cepu #tuban #bojonegoro #surabaya #jogja #bandung #jakarta #bali #makasar #medan #ganjarpranowo #kesongo #jateng

A post shared by BLORA UPDATES (@bloraupdates) on

Video lumpur panas Kesongo jadi tontonan warga;

View this post on Instagram

Info Terkini ? Wes Angeel Angeelll Tuturane ? Sempat berhenti beberapa jam, Saat ini Kesongo kembali Meletus. Sing Nonton ati ati gih lur. Ndelok oleh tapi keselamatan tetep paling utama. . Jare Bu Tejo, " Wong Blora Nganti Ora Ngerti Kesongo ??? Kok kepiye ngono… Mosok Yo Jakarta ae Ngerti, Luar Negri Yo Ngerti. Mosok Wilayahe Blora dewe malah ora ngerti leh… !!! Dadi wong mbok sing solutip ngono lo… Kui hape nggo sinau ojo nggo nggosip karo gem geman tok. ?". . . . Follow @bloraupdates . . #blora #bloraupdates #rembang #pati #kudus #jepara #demak #semarang #salatiga #boyolali #magelang #solo #grobogan #sragen #klaten #ngawi #madiun #cepu #tuban #bojonegoro #surabaya #jogja #bandung #jakarta #bali #makasar #medan #ganjarpranowo #kesongo #jateng

A post shared by BLORA UPDATES (@bloraupdates) on

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Keberadaan Papua dalam NKRI Bukti Nyata Persatuan Rakyat pada Panji Bhineka Tunggal Ika

Papua, adalah wilayah di ujung timur Indonesia, selalu menjadi pembahasan hangat mengenai keberadaan dan integrasinya dalam Negara Kesatuan Republik...
- Advertisement -

Baca berita yang ini