Nadiem Makarim Ungkap Dua Strategi Ampuh Melawan Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan, ada dua cara paling ampuh yang harus dilakukan untuk melawan pandemi corona atau Covid-19.

Cara pertama menurutnya adalah menggunakan akal sehat. Nadiem mengajak semua pihak untuk mempercayai para ilmuwan, ketimbang berbicara soal teori-teori konspirasi yang belum tentu benar.

Ia menyayangkan, banyaknya pemimpin dunia yang meremehkan, ketika para ilmuwan memperingatkan soal pandemi ini.

“Kita melalui suatu krisis yang sudah diprediksi, tapi kita tidak mendengarkan, sebagai dunia, kita tidak mendengarkan ilmuwan,” kata Nadiem, Sabtu 2 Mei 2020.

Strategi kedua, Nadiem mengajak untuk saling menguatkan solidaritas, tanpa mengenal batas negara dan perbedaan ras. Menurutnya, pandemi corona ini harus menyadarkan bahwa semua ikut terdampak.

“Sebagai satu kemanusian global, itu luar biasa pentingnya,” ujarnya.

Tanpa solidaritas umat manusia, penanganan pandemi ini akan gagal total. Sikap individualistis hanya akan memperparah penyebaran virus ini.

Ia mencontohkan, jika ada saja satu negara yang tidak serius mengatasi pandemi ini, maka virus akan bisa kembali menyebar ke negara-negara lain yang sudah bisa mengatasinya.

“Ini suatu defining moment, agar kita tidak melihat diri kita sebagai ras-ras bangsa-bangsa tertentu, tapi sebagai manusia,” ucapnya.

1 KOMENTAR

  1. Yuk, mari kita dukung keberhasilan bangsa ini dengan dua hal itu. Gunakan akal sehat dan tingkatkan solidaritas.

    Untuk itu, jangan pernah turut memroduksi dan menyebarkan berita bohong (hoaks) yang membuat masyarakat takut dan cemas. Bagi yang menerima berita, jangan pernah langsung menelannya bulat-bulat. Silahkan bandingkan beritanya dengan sumber lain, atau perhatikan dengan seksama apakah berita tersebut bersumber dari media yang terpercaya?

    Selain itu, meningkatkan solidaritas bisa dilakukan dengan cara memerhatikan kondisi tetangga, apakah masih bisa menikmati makanan, karena kita tahu akhir-akhir ini banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan, pekerja harian banyak yang kehilangan pendapatan, dan masih banyak lagi masalah lain. Kalaupun tidak bisa menolong, ayo disampaikan kepada pihak yang berwenang, seperti aparat pemerintah.

    Akhir kata, yuk ikuti prosedur yang telah ditetapkan pemerintah. Jaga jarak, gunakan masker, jangan keluar rumah kalau tidak begitu penting.

    #komenpositif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini