Muncul Wabah Baru Covid-19, Cina Tutup Dua Kota Padat Penduduk

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Dua kota padat penduduk di Selatan Beijing, Kota Shijiazhuang dan Xingtai ditutup oleh pemerintah Cina selama enam bulan. Hal itu dilakukan imbas munculnya wabah baru covid-19.

Pemerintah Cina menutup jaringan transportasi dan melarang jutaan warga keluar dari kota itu.

Cina sejauh ini berhasil menekan pandemi sejak muncul pertama kali di Wuhan akhir 2019 lalu. Namun wabah kecil dengan cepat menyebar dan ditekan dengan tes massal, lockdown lokal, dan pembatasan perjalanan.

Tapi Provinsi Hebei di Cina utara mencatat 127 kasus baru Covid-19, dan sebanyak 183 kasus infeksi tanpa gejala dalam sepekan terakhir.

Mayoritas kasus ditemukan di Kota Shijiazhuang, yang berpenduduk jutaan orang di mana wilayah sekitarnya berpenduduk 11 juta jiwa. Sebanyak sembilan kasus terkonfirmasi dilaporkan di kota tetangganya, Xingtai, yang berpenduduk tujuh juta jiwa.

Penduduk kedua kota dilarang meninggalkan kota tersebut kecuali ada keperluan mendesak. Demikian diumumkan pemerintah Hebei.

Pejabat menerapkan pengendalian ketat pergerakan warga dan kendaraan, di mana semua penduduk ditempatkan dalam pengendalian tertutup, sebuah eufemisme untuk lockdown.

Penduduk Hebei juga dilarang memasuki Beijing atau meninggalkan provinsi tersebut kecuali ada keperluan mendesak.

“Wabah ini diimpor dari luar negeri, tapi asal usul pastinya sedang diselidiki secara mendalam oleh para pakar negara, provinsi, dan kota,” jelas Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Hebei, Li Qi, dalam konferensi pers dikutip dari Al Jazeera, Minggu 10 Januari 2021.

Pemerintah juga melarang perayaan Imlek yang dilakukan dengan mengadakan perayaan massal, berkumpul, dan festival. Bahkan acara pemakaman juga diminta berlangsung singkat dan acara publik harus mendapatkan izin pemerintah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini