Moyang Joe Biden Ternyata Pernah Memperbudak Anak Berusia 14 Tahun

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Dua nenek moyang atau leluhur Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden pada abad ke-19 dari pihak ayah ternyata pernah memelihara tiga budak. Hal ini terungkap berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli silsilah, Alexander Bannerman.

Genealogis yang berbasis di West Virginia membahas temuannya dengan jurnalis dan penulis Ben Schreckinger untuk bukunya yang akan datang yang berjudul “The Bidens: Inside the First Family’s Fifty-Year Rise to Power,” kutipan yang diterbitkan di Majalah Politico.

Kakek buyut Biden, Jesse Robinett terdaftar sebagai pemilik dua budak di Allegany County, Maryland, dalam sensus 1800, demikian ditemukan Bannerman.

Berdasarkan catatan dari sensus 1850 menunjukkan bahwa kakek buyut ketiga Biden, Thomas Randle, memperbudak anak laki-laki berusia 14 tahun di Baltimore County, Maryland, kata Bannerman, dengan Sensus 1860 masih menunjukkan Randle memiliki satu orang setelahnya.

Namun, Bannerman mencatat bahwa ikatan Biden dengan perbudakan relatif terbatas, mengingat kehadiran keluarganya di Amerika Serikat kembali ke era Kolonial.

“Tidak banyak leluhur dan tidak banyak budak,” kata Bannerman, seperti dikutip dari Majalah Politico, melansir Business Insider.

Ikatan politisi dengan perbudakan mendapat sorotan yang lebih besar dari pemilih dan media dalam beberapa tahun terakhir karena anggota Kongres dan cendekiawan sama-sama secara serius memperdebatkan topik reparasi untuk orang kulit hitam Amerika keturunan budak.

Mantan Presiden Barack Obama, Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, dan mantan anggota kongres dan calon presiden 2020 Beto O’Rourke semuanya memiliki nenek moyang yang memiliki budak.

Dua kakek buyut McConnell, James McConnell dan Richard Daley, memiliki setidaknya 14 budak di Alabama pada 1800-an, menurut tinjauan NBC News terhadap data sensus historis.

“Anda tahu, saya berada di posisi yang sama dengan Presiden Obama,” kata McConnell kepada wartawan pada Juli 2019. “Kami berdua menentang reparasi dan kami berdua adalah keturunan pemilik budak.”

Ahli silsilah amatir William Reitwiesner menemukan bukti bahwa nenek moyang Obama di pihak ibunya yang merupakan orang Amerika memiliki budak, The Guardian melaporkan pada saat itu.

Menurut laporan outlet ulasan Reitwiesner tentang catatan sensus, kakek buyut Obama, dan Mary Duvall, nenek buyutnya, tercatat memiliki masing-masing dua budak di Kentucky tahun 1850.

Selama kampanye presiden 2020, O’Rourke mengungkapkan dalam postingan blog Medium berjudul “Rose and Eliza” bahwa ia telah memperoleh catatan baru yang menunjukkan nenek moyangnya memiliki setidaknya dua budak di abad ke-19, dan bahwa keluarga istrinya Amy juga telah memiliki budak.

“Sesuatu yang telah kami pikirkan dan bicarakan dalam pertemuan balai kota dan kampanye – warisan perbudakan di Amerika Serikat, sekarang memiliki hubungan yang jauh lebih pribadi,” tulisnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini