Mobil Transmisi Manual Buatan Korea Ini Gak Pakai Pedal Kopling

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mau punya mobil transimisi manual tetapi gak perlu injak pegal kopling? Sudah pasti Kamu harus memiliki Hyudai Venue.

Karena pabrikan asal Korea Selatan itu memperkenalkan intelligent gearbox iMT pada transimisi manual enam percepatan mobil tersebut.

Jadi kalau kalian duduk di kursi pengemudi mobil itu hanya akan menemui dua pedal yaitu pedal gas dan rem seperti layaknya mobil-mobil matik.

Menurut Hyundai, iMT gearbox itu terdiri dari tuas persneling dengan behavior sensor, hydraulic assistance, dan gearbox control (TCU). Oleh TCU sinyal diteruskan ke hydraulic assistance.

Kemudian kopling dicocokkan dan dilepaskan melalui silinder bantu konsentris tanpa operasi tambahan dari pengemudi.

Hyundai menggambarkan proses elektro-mekanis ini akan berlangsung dengan mulus, tanpa penundaan saat perpindahan gigi. Meski begitu pengemudi yang belum terbiasa dengan sistem itu harus melakukan adaptasi terlebih dahulu agar nyaman mengemudikan sport utility vehicle (SUV) tersebut.

Misalnya, bila kita terjebak macet saat mengemudikan Hyudai Venue, maka gearbox akan mengurangi tekanan mengemudi.

Meskipun semi-otomatis gearbox itu sudah disesuaikan dengan lalu lintas India yang tidak pernah terlepas dari kemacetan parah sepanjang hari. Hyundai Venue memang meluncur pertama kali di India.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini