Mesir dan Lebanon Curi Start Umumkan 1 Ramadan Jatuh pada 13 April

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Otoritas keagamaan Mesir dan Lebanon sudah menyatakan, bahwa 1 Ramadan 1442 Hijriah akan jatuh bertepatan pada Selasa 13 April 2021.

“13 April akan menjadi hari pertama Ramadan,” kata Dar al-Ifta dari Mesir, lembaga yang mengeluarkan fatwa agama, seperti dikutip dari AFP, Senin 12 April 2021.

Sementara di Lebanon, pengumuman bulan suci Ramadan disampaikan ulama Muslim Sunni Agung Mufti Sheikh Abdellatif Deryan.

Untuk Arab Saudi, sementara ini belum ada pengumuman resmi kapan awal Ramadan. Pemantauan bulan sabit yang digunakan untuk menentukan awal bulan suci, belum terlihat pada Minggu 11 April, dan obeservasi akan dilanjutkan hari ini.

Di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1442 H pada Senin 12 April hari ini, dengan melibatkan sejumlah organisasi keislaman dan pihak-pihak terkait.

Sebelum Sidang Isbat dimulai, akan dilakukan pemantauan atau rukuyatul hilal di 86 titik, yang tersebar di 34 provinsi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini