Menjelajah Sungai Leuwi Daleum di Garut yang Siap Manjakan Mata Wisatawan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Masa pandemi corona sekarang ini tidak membuat suatu daerah kehilangan akal untuk mempromosikan tempat wisatanya. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Garut yang memperkenalkan aktivitas wisata baru menjelajah Sungai Leuwi Daleum.

Sungai dengan arus yang sedang ini terletak di wilayah selatan, di antara Kecamatan Cibolang dan Cisompet.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan wisatawan yang naik perahu karet dan menyusuri sungai akan menikmati pemandangan alam yang masih asri.

“Keberadaan sungai ini masih tersembunyi, sehingga belum banyak diketahui masyarakat, terutama wisatawan dari luar kota,” kata Rudy.

Rudy mengatakan peresmian wisata susur Sungai Leuwi Daleum merupakan kelanjutan dari program pengembangan wisata Leuwi Tonjong di Kecamatan Cihurip.

Seperti diketahui, wisata susur sungai Leuwi Tonjong yang sudah berjalan sebelumnya meraih juara dua sebagai ‘Surga Tersembunyi’ tingkat Nasional pada 2018. Air Leuwi Daleum begitu jernih dan bersumber dari Sungai Cisanggiri. Air itu melewati dua gunung batu yang menjadi daya tarik tersendiri saat melewatinya.

Selain menikmati pemandangan alam di sepanjang aliran sungai, pengunjung juga dapat menikmati hasil pertanian penduduk setempat, seperti sayur dan buah. Mereka dapat memetik sendiri dan langsung menikmati hasil pertanian itu di kebun.

Saat ini pemerintah sedang membangun infrastruktur jalan dan jembatan menuju destinasi wisata Leuwi Tonjong dan Leuwi Daleum. Pembangunan jembatan sepanjang 16 meter akan dialokasikan pada anggaran tahun 2021.

“Insya Allah tahun depan destinasi wisata ini bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini