Mengerikan! Pria Ini Tewas Dihantam Asteroid

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Antariksa Amerika (NASA) menyebut asteroid berukuran lebar sekitar 1,7-4 kilometer akan melewati orbit Bumi pada 29 April 2020 mendatang.

Ternyata ini bukan kali pertama benda luar angkasa ini masuk ke bumi. Menurut hasil penelitian Meteoritical Society, sebuah asteroid raksasa pernah menabrak bumi pada 22 Agustus 1888.

Bahkan fenomena alam ini memakan korban jiwa. Seorang pria tewas dan satu orang lagi menderita kelumpuhan.

Kala itu, batu antariksa ini jatuh seperti hujan di sebuah desa di Sulaymaniyah, Irak. Dulunya, wilayah tersebut merupakan bagian dari Kekhalifahan Utsmaniyah.

Peristiwa ini diabadikan dalam 3 manuskrip yang disimpan dalam arsip pemerintah Turki. Kejadiannya dilaporkan oleh Gubernur Sulaymaniah pada Sultan ke-34 Kekaisaran Ottoman Abdul Hamid II.

Jika benar, maka inilah pertama kalinya dan satu-satunya ada bukti tercatat manusia terbunuh oleh meteor. Ilmuwan menyebut peluang terjadinya sangat rendah, yaitu sekitar 1 banding 250 ribu.

“Terkait fakta dokumen itu berasal dari sumber resmi pemerintah dan ditulis oleh otoritas lokal, kami tidak curiga bahwa begitulah kenyataannya,” tulis para periset kepada Independent.

Kemudian pada tahun 1954, sebuah meteor jatuh di sebuah tanah pertanian di Alabama, Amerika Serikat. Itulah pertama kali diketahui meteor menimbulkan luka-luka pada korban bernama Elizabeth Fowler Hodges, tapi tidak sampai meninggal.

Meteor sendiri merupakan pecahan dari asteroid dan kadang menghujani Bumi, tapi sebagian besar hancur di atmosfer.

Menurut NASA, sedikitnya ada 822 kejadian hujan meteor yang mencapai Bumi sejak tahun 1988. Menurut beberapa ilmuwan, kemungkinan rata-rata ada 17 meteor jatuh ke permukaan Bumi setiap hari.

5 KOMENTAR

  1. Ya, dari dulu sudah ada, buktinya menurut info budaya Jawa yang namanya keris untuk membuat pamor adalah dari bebatuan meteorit.
    Jangan gumun berita ini, itu, tentang meteor, itu tdk mempengaruhi rotasi bumi, karena saking kecilnya.

  2. Betul itu,untuk membuat keris2,yg handal. Para empu mesti prihatin, untuk mendapat kekuatan isi yg handal pada keris itu, dg menambah bebatuan dari meteor, yg jatuh ke bumi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini