Mengenal Sejarah Voli dan Perkembangannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Permainan bola voli bisa dikatakan salah satu olahraga populer di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya para pecinta bola voli yang tersebar ke seluruh pelosok negeri, baik di perkotaan hingga pedesaan.

Olahraga bola voli pertama kali ditemukan di negara Amerika Serikat, tepatnya pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, negara bagian Massachusetts. Tokoh penemu bola voli bernama William G. Morgan. Ia merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani atau dalam bahasa Inggris disebut Director of Phsycal Education.

William G. Morgan adalah instruktur olahraga di YMCA (Young Men’s Chistian Association). YMCA merupakan organisasi pengajaran ajaran pokok umat Kristen khusus bagi pemuda. Menurut sejarahnya, organisasi ini didirikan oleh George William pada tahun 1884 di London, Inggris.

Penemuan bola voli bermula ketika William G. Morgan bertemu dengan James Naismith (pencipta bola basket). Setelah bertemu dengan tokoh tersebut, Morgan kemudian menciptakan olahraga bernama Mintonette. Mintonette merupakan nama awal olahraga bola voli. Morgan menciptakan permainan Mintonette tepat setelah empat tahun ditemukannya olahraga bola basket oleh James Naismith.

Dilansir dari wikipedia, olahraga Mintonette (bola voli) merupakan kombinasi dari beberapa macam olahraga, yaitu basket, tenis, baseball dan handball. Pada awalnya, olahraga Mintonette khusus diciptakan dan dimainkan oleh anggota YMCA. Namun pada perkembangannya olahraga ini semakin populer setelah dimainkan di acara International YMCA Training School.

Perubahan nama Mintonette menjadi bola voli (volleyball) terjadi setahun setelah diciptakannya permainan ini, yaitu pada tahun 1896. Pada awal-awal penemuan, Morgan menyatakan bahwa olahraga bola voli dapat dimainkan di dalam atau pun luar ruangan.

Selain itu, permainan ini juga dapat dimainkan oleh banyak pemain. Artinya tidak ada batasan jumlah pemain bola voli. Tujuan atau sasaran dari permainan yaitu mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net.

Namun pada perkembangan selanjutnya, peraturan dan sarana prasarana permainan bola voli lebih detail lagi. Seperti jumlah pemain, ukuran lapangan, ukuran bola, dan net mulai ditentukan standarnya.

Reporter: Muhammad Raja A.P.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini