Home News Mengenal 3 Jenis Pam Swakarsa ala Listyo Sigit

Mengenal 3 Jenis Pam Swakarsa ala Listyo Sigit

0
224
Komjen Listyo Sigit Prabowo

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyebut, ada tiga jenis Pasukan Pengaman Masyarakat atau Pam Swakarsa yang tengah digagas oleh kepolisian untuk dibentuk.

Seperti diketahui, pengaktifan kembali Pam Swakarsa ini adalah ide dari Kapolri baru Komjen Listyo Sigit. Rusdi menyebut, Pam Swakarsa kali ini beda dengan yang pernah dibentuk tahun 1998.

Ketiga jenis Pam Swakarsa tersebut, pertama adalah satuan pengamanan, yakni masyarakat yang dididik dan dilatih oleh Polri dalam mengamankan lingkungan tempat mereka bertugas.

“Mereka bisa ditempatkan di perusaahaan, pemukiman, kawasan tertentu, kegiatan Satpam ini senantiasa dalam kordinasi aparat Polri,” kata Rusdi di Jakarta, Selasa 26 Januari 2021.

Kedua, adalah satuan keamanan lingkungnan yang dibentuk atas kemauan masyarakat setempat. Bisa dipimpin oleh Ketua RT maupun RW.

“Operasi satuan kemanan lingkungan ini juga dalam kordinasi aparat polisi,” ujar Rusdi.

Ketuga, Polri juga akan mengakomidir keaarifan lokal untuk Pam Swakarsa seperti Pacalang di Bali atau pun kelompok sadar Kantibmas, lalu siswa Bhayangkara seperti kegiatan kepramukaan.

“Jadi itu yang yang akan disentuh kembali oleh Komjen Listyo Sigit, ini tentu ini sangat berbeda dengan Pam Swakarsa di tahun 1998. Kadi semoga memiliki pemahaman sama tentang Pam Swakarsa,” kata Rusdi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here