Meletus, Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Hingga 3.000 Meter

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur meletus. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu menyemburkan awan panas hingga 3.000 meter. Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan, awan panas guguran masih berlangsung hingga pukul 01.23 WIB. Masyarakat diimbau waspada terhadap gugurnya lava dari kawah Gunung Semeru.

“Jarak luncur (awan panas guguran) bertambah dari 2.500 menjadi 3.000 meter ke arah Besuk Kobokan,” kata Kepala PVMBG KESDM, Kasbani, melalui keterangan tertulisnya.

Saat ini, status Gunung Semeru masih waspada.

Diketahui, sejak Senin 30 November 2020, pendakian ke Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl ditutup sementara. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan aktivitas gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur tersebut.

Penutupan jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, berdasarkan pengumuman Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bernomor PG.10/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/11/2020 yang ditandatangani oleh Plt Kepala Balai Besar Agus Budi Santoso pada Minggu, 29 November 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini