Masyarakat Sudah Tak Khawatir dengan Pandemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menurunnya kasus Covid-19 sekarang ini membuat masyarakat sudah tak khawatir lagi dengan pandemi. Survei Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan adanya penurunan kekhawatiran pada September 2021.

Senior Researcher DRI Muhammad Ikbal Iskandar mencatat, konsumen yang khawatir terhadap perkembangan Covid-19 sebesar 43,79 persen atau menurun dari 47,16 persen pada bulan sebelumnya.

Ia kemudian menyebut, penurunan kekhawatiran tersebut didorong oleh penurunan kasus harian Covid-19 yang cukup signifikan selama bulan lalu. ”Terlihat dari seluruh area survei, seiring dengan kasus harian Covid-19 yang turun hingga 85% dari bulan sebelumnya,” ujar Muhammad, Minggu 10 Oktober 2021.

Sejalan dengan itu, kekhawatiran konsumen akan peningkatan harga juga menurun pada bulan laporan. Tercatat, sekitar 46,98 persen konsumen khawatir akan kenaikan harga. Namun, jumlah ini menurun dari bulan sebelumnya yang sebesar 52,03 persen.

Hal ini seiring dengan rendahnya tingkat inflasi pada Agustus 2021 dan September 2021. Pada Agustus 2021, tercatat inflasi sebesar 0,03% mom, sedangkan September 2021 malah mencatat deflasi 0,04% mom.

Namun, Muhammad kemudian mengingatkan, penurunan inflasi ini bisa juga seiring dengan pemerintah yang masih melanjutkan pembatasan aktivitas sehingga menahan daya beli masyarakat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini