Masjidil Haram Ditutup untuk Salat Idul Adha

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Salat Idul Adha di Masjidil haram ditiadakan oleh pemerintah Arab Saudi. Hal ini dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Pejabat keamanan di Masjidil Haram Mayjen Muhammad Al-Ahmadi mengatakan penutupan Masjidil Haram untuk salat Idul Adha untuk memprioritaskan keselamatan jamaah haji tahun ini.

“Fokus utama kami tahun ini pada aspek kesehatan, karena sangat penting dalam situasi saat ini (pandemi penyakit virus corona). Tahap-tahap yang tersisa akan dilaksanakan dalam beberapa hari mendatang,” katanya mengutip dari Arab News, Kamis 23 Juli 2020.

Al-Ahmadi mengatakan pengaturan baru telah dibuat untuk mengontrol masuk dan keluarnya jamaah haji ke Masjidil Haram untuk memastikan langkah jaga jarak sosial berlangsung efektif guna menghentikan penyebaran Covid-19.

Jalur yang ditetapkan untuk pelaksanaan haji seperti Tawaf di Kabah dan sa’i di antara bukit Safa dan Marwah telah ditentukan, pintu masuk ke area Masjidil Haram hanya akan diizinkan bagi mereka yang memiliki izin resmi.

Tahun ini jamaah haji dibatasi sekitar 1000 jamaah yang terdiri dari 70 persen warga negara asing yang tinggal di Arab Saudi, dan 30 persen sisanya merupakan tenaga kesehatan dan personel keamanan yang telah pulih dari virus corona sebagai apresiasi pengorbanan mereka.

“Haji tahun ini adalah untuk para pahlawan yang menyelamatkan negara dan menyelamatkan orang-orang kami, mereka pantas mendapatkannya. Saya pribadi ingin sekali pergi tetapi mereka prioritas,” kata warga negara Arab Saudi bernama Nour al Ghamdi kepada Reuters.

Mereka yang terpilih menerima perlengkapan haji seperti pakaian ihram khusus, perlengkapan mandi, dan sajadah dalam koper dari kementerian haji Arab Saudi, serta makanan yang telah diatur sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini