Mantul, Uang dan Skema Pembayaran Nasabah Jiwasraya Sudah Siap

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dana dan skema pembayaran untuk nasabah Jiwasraya sudah ada, Menteri BUMN Erick Thohir tinggal menunggu persetujuan panitia kerja (Panja) Jiwasraya di DPR RI.

Jika persetujuan sudah diperoleh, Maret ini sudah menjadi pencairan tahap pertama. Rencananya, sekitar akhir Maret Kementerian BUMN akan melakukan rapat Panja Jiwasraya bersama Komisi VI dan XI DPR RI.

“Tapi yang pasti dana untuk tahap pertama sudah stand by,” kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, Senin 9 Maret 2020.

Soal nasabah mana yang akan diprioritaskan dalam tahap pertama itulah yang akan dibahas dengan Panja DPR RI.

Menurut Arya, Panja Jiwasraya DPR RI itu mengikat secara politik untuk tahapan-tahapan (penyelamatan Jiwasraya) mengingat setiap langkah semua langkah yang akan dilakukan terhadap Jiwasraya tidak bisa lepas juga dari DPR.

Sebelumnya Kementerian BUMN memaparkan langkah-langkah untuk menyelamatkan Jiwasraya dalam rangka untuk mengungkapkan duduk perkara sesungguhnya dalam kasus di perusahaan asuransi pelat merah tersebut, sekaligus menuntaskan pembayaran kepada nasabahnya.

Pertama, dengan terbentuknya Jiwasraya Putra yang terdiri atas berbagai pemilik sahamnya, yakni BUMN-BUMN, sehingga hal ini bisa menghasilkan dana sekitar Rp9,5 triliun yang bisa untuk menopang nantinya pembayaran-pembayaran Jiwasraya.

Langkah penyelesaian berikutnya adalah melakukan holding asuransi, kemudian melakukan restrukturisasi utang-utang besar dan akan ada skema yang dibangun oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini