Manggis Asal Bali Laris Diekspor ke Cina

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kegiatan ekspor di masa pandemi makin mengeliat, salah satunya, sektor perkebunan. Provinsi Bali kembali mengekspor manggis dengan rata-rata pengiriman 2-3 ton per hari menuju Cina.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar I Putu Terunanegara mengatakan hal ini merupakan angin segar untuk ekspor komoditas pertanian, khususnya buah segar.

Tidak bisa dipungkiri, dengan ditutupnya penerbangan international di Bandara I Gusti Ngurah Rai menyebabkan terhentinya ekspor yang menyebabkan terpuruknya penyerapan hasil produksi petani. Ekspor buah segar seperti manggis sudah mulai terjadi di minggu terakhir September 2021 lalu.

Terunanegara menjelaskan manggis dari Bali punya peminatnya tersendiri di pasar Cina. Hal ini dikarenakan buah manggis dari Bali memiliki daging yang lebih empuk dan tidak lembek serta tampilan luarnya lebih cantik.

Menurutnya, Balai Karantina Pertanian Denpasar terus melalukan pendampingan dari hulu sampai ke hilir, sehingga produk yang dihasilkan petani terjaga kualitasnya dan pasar terus berkelanjutan.

“Sekarang musim panen manggis sudah mulai ada di beberapa daerah di Bali, saya optimis setelah adanya pembukaan penerbangan langsung di Bandara International I Gusti Ngurah Rai, volume ekspor manggis melonjak naik,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini