Mahfud Sebut Pancasila Harus Dipegang Teguh untuk Lawan Radikalisme

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mengajak kita semua fokus kembali ke Pancasila dan dipegang teguh untuk melawan ideologi radikal yang bisa menghancurkan bangsa Indonesia.

Hal itu diungkapkan Mahfud dalam sebuah webinar yang diselenggarakan DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Kamis 17 Juni 2021.

Menurutnya membumikan Pancasila sangat penting untuk mencegah dan menanggulangi semua sikap atau bibit radikalisme.

“Nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa,” ujar Mahfud, Kamis.

Menurut Mahfud radikalisme adalah pikiran atau ide yang menganggap sesuatu yang ada sebagai kesepakatan yang salah, maka harus dibongkar tanpa melalui konstitusi yang tersedia.

Wujud radikalisme menurutnya ada tiga yaitu pertama yang bersifat ideologi dalam berbagai wacana bahwa negara tidak baik sehingga harus diganti.

Setelah itu tingkatannya naik lagi ketika wacana dan pikiran tersebut berubah menjadi sikap intoleran, tidak suka kepada mereka yang berbeda.

Tingkatan yang ketiga adalah jihadis yang merasa sah membunuh orang yang berbeda darinya sehingga dianggap kafir.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini