Loyalitas Perempuan, Daya Tarik Pelaku Terorisme

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Loyalitas perempuan menjadi faktor andalan bagi pelaku terorisme. Kesetiaan serta kepatuhannya juga menyebabkan mereka mudah percaya dan tunduk dengan nuansa yang berbau agama. Direktur The Center for Indonesian Crisis Strategic Resolution (CICSR) Makmun Rasyid menegaskan bahwa hal ini menjadi magnet tersendiri bagi pelaku teror.

“Perempuan dianggap bisa menjadi pengikut yang loyal dan patuh, ini menjadi magnet tersendiri bagi laki-laki yang di lain kesempatan melakukan penyebaran radikalisme tidak mempan,” kata Makmun dalam  diskusi tentang ‘Keterlibatan Perempuan dalam Kontra Radikal-Teroris di Media Sosial di kanal Youtube Sang Khalifah, Kamis 18 Maret 2021.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar juga pernah menegaskan bahwa faktor loyalitas inilah yang menjadikan perempuan banyak terlibat dalam terorisme.

“Alasan pelibatan perempuan dalam terorisme berdasarkan hasil wawancara yang kami peroleh, dan tentu saja tidak mewakili pandangan umum seluruh perempuan. Menurut mereka (teroris), perempuan diandalkna dalam soal loyalitas, kesetiaan dan kepatuhan. Perempuan juga paling mudah percaya dan tunduk dengan nuansa yang berbau agama,” kata Boy Rafli.

Selain itu ia juga menilai bahwa perempuan dianggap efektif untuk mengelabui aparat penegak hukum. Mereka dinilai bisa dimanfaatkan untuk kamuflase.

“Pelibatan perempuan juga digunakan sebagai siasat untuk mengelabui aparat penegak hukum. Jadi digunakan sebagai kamuflase, sehingga bisa membantu perjuangan para teroris itu,” kata Boy.

Beberapa upaya juga sudah dilakukan untuk membendung perempuan agar tidak terjerumus dalam radikalisme. Caranya dengan kontra radikalisasi seperti kontra narasi, kontra ideologi dan kontra propaganda dan mengisi ruang publik dunia maya dengan konten perdamaian dan persatuan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Sleman Selenggarakan Job Fair

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membuka secara resmi penyelenggaraan job fair tahun 2024 bertempat di Atrium Sleman City Hall, pada Minggu (19/5). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sleman bersama Kepala Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhammad Yusuf.
- Advertisement -

Baca berita yang ini