Lima Syarat Ini Bikin Pandemi Covid19 Terkendali Jadi Endemis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah bercokol lebih dari satu tahun di Indonesia seorang dokter muda, dr Andi Khomeini Takdir, menilai dalam waktu tidak lama lagi mungkin Pandemi Covid19 bisa terkendali menjadi endemis dengan lima syarat yang dilakukan dengan sinergi.

Dalam pesannya yang diterima Mata Indonesia News, Selasa 16 Maret 2021, lelaki dengan panggilan Dokter Koko itu mengaku berkesimpulan begitu setelah melakukan perjalanan ke sejumlah tempat di Indonesia setahun lalu.

“Kita fokus 3M + 3T + vaksinasi + nutrisi + ventilasi,” ujarnya.

Hal yang dia maksud dengan 3M adalah sama dengan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menyuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak sosial.

Kondisi itu akan bisa lebih baik lagi jika ditambah dengan 2 M lainnya yaitu menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Itu adalah kewajiban yang harus dilakukan masyarakat dengan disiplin tanpa terkecuali sehingga penularan Virus SARS-Cov-2 penyebab Covid19 dihambat hingga benar-benar putus.

Sedangkan 3T harus dilakukan aparat berwenang atau pemerintah yang terdiri dari testing-tracing-treatment atau dalam Bahasa Indonesia sama dengan tes-lacak-isolasi/pengobatan.

Hal ketiga yang harus dilakukan adalah melakukan vaksinasi dengan strategi yang tepat yaitu dilakukan secepat mungkin diawali kelompok rentan.

Hal keempat adalah memenuhi nutrisi tubuh kita dengan baik sehingga daya tahan meningkat termasuk imunitas untuk melawan virus tersebut.

Terakhir adalah berdiam di ruangan dengan ventilasi baik sehingga droplet yang melayang segera jatuh.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jadi Duta Komunikasi WWF, Cinta Laura Ajak Generasi Muda Peduli Krisis Air

Bali – Duta Komunikasi World Water Forum (WWF) ke-10 Cinta Laura mengajak generasi muda untuk lebih peduli pada persoalan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini