Lewat Poros Ketiga, Erick Thohir Berpeluang Maju di 2024

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pilpres 2024 mendatang digadang-gadang lebih seru karena kemungkinan besar diramaikan oleh banyak kandidat dari tokoh-tokoh kuat.

Selain nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Sandiaga Uno atau Ganjar Pranowo, kini muncul nama baru yang masuk hitungan, yakni Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Direktur Indopolling, Wempy Hadir, Erick berpeluang maju di Pilpres 2024 melalui poros ketiga. Namun ia diramalkan akan bersaing dengan nama-nama seperti Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Kita tahu bahwa Erick Thohir saat ini adalah menteri BUMN dan juga menjadi banyak perbincangan publik. Selain itu rekam jejaknya juga cukup bagus di mata publik,” kata Wempy dalam diskusi online di Jakarta, Jumat 19 Juni 2020.

Empat partai yang kemungkinan dapat mempertimbangkan untuk mendukung nama-nama di poros ketiga, menurut dia, adalah Partai Demokrat, PKB, dan Partai Golkar.

Wempy merinci tiga poros yang menurutnya bakal jadi kekuatan besar dengan nama-nama yang kuat secara politik, yakni:

1. Poros Pertama

Koalisi Gerindra-PDI Perjuangan, dan mungkin bersama PPP dengan bakal calonnya antara lain: Prabowo Subianto, Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini.

2. Poros Kedua

Koalisi Nasdem-PKS-PAN dengan bakal calonnya Anies Baswedan, Susi Pudjiastuti, dan Ridwan Kamil

3. Poros Ketiga

Koalisi Demokrat-PKB-Golkar dengan bakal calonnya Erick Thohir, Agus Yudhoyono, Muhaimin Iskandar, dan Airlangga Hartarto

Namun tentu, Wempy menegaskan bahwa nama-nama itu masih sangat dinamis. Artinya masih ada potensi untuk melakukan penjajakan kerja sama atau koalisi lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini