Legenda Sepak Bola Inggris Meninggal Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, LEEDS – Legenda sepak bola Inggris, Jack Charlton meninggal dunia di usia 85 tahun. Charlton turut berperan membawa Inggris juara Piala Dunia 1966.

Charlton mencatatkan 773 penampilan bersama Leeds United selama 23 tahun. Dia adalah salah satu bek terbaik dunia dalam sejarah sepak bola.

Bersama Inggris, Charlton tampil sebanyak 35 kali dan tampil di setiap laga ketika The Three Lions menjuarai Piala Dunia 1966 usai mengalahkan Jerman Barat di final dengan skor 4-2.

Charlton bergabung dengan Leeds United saat usia 15 tahun pada tahun 1950. Dia melakoni debutnya melawan Doncaster Rovers, 25 April 1953 dimana laga berakhir imbang 1-1.

Charlton pensiun dari sepak bola pada musim 1972/73 dimana laga terakhirnya adalah melawan Southampton 28 April 1973. Selama kariernya, dia memenangkan Piala Liga 1968, Piala Inter-Cities 1968 dan 1971, juara divisi utama musim 1968/69, Charity Shield 1969, dan Piala FA 1972.

Tak hanya sebagai pemain, Charlton juga cukup sukses ketika menjadi pelatih. Dia membawa Republik Irlandia tampil di dua Piala Dunia serta Piala Eropa selama 10 tahun menjadi pelatih.

“Jack meninggal dengan damai, Jumat 10 Juli di usia 85 tahun. Dia meninggal dunia di rumahnya di Northumberland dan semua keluarga berada di sisinya,” bunyi pernyataan keluarga Charlton, dikutip dari Sky Sports, Sabtu 11 Juli 2020.

“Selain dihormati banyak teman, dia adalah suami, ayah, kakek, dan buyut yang dikagumi. Kami tak bisa menggambarkan betapa bangganya kami dengan kehidupan dia yang luar biasa dan kesenangan yang dia berikan kepada banyak orang di berbagai negara,” lanjut pernyataan tersebut.

“Kepergiannya akan meninggalkan lubang besar di kehidupan kami semua, tapi kami bersyukur atas semua kenangan-kenangan indah yang dia berikan,” tutup pernyataan keluarga Charlton.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini