Kuota Internet Mahal, Guru di Sumbar Pakai Cara Murah Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Keterbatasan sering kali membuat manusia kreatif, seperti menghadapi mahalnya kuota internet untuk belajar dari rumah yang sedang digalakkan untuk menghentikan penyebaran Covid19. Sebuah video viral memperlihatkan seorang anak belajar menggunakan radio komunikasi sebagai solusi menghadapi harga kuota internet yang mahal.

Tampak anak itu mengikuti instruksi gurunya yang memberi tugas melalui radio komunikasi.

Sang guru kemudian memerintahkan anak-anak didiknya yang belajar di rumah masing-masing untuk mengantarkan tugas tersebut ke sekolah secara bergantian. Guru itu juga mengingatkan murid-muridnya mengenakan masker saat mengantar tugas yang sudah selesai ke sekolah.

Tidak disebutkan di daerah mana praktik belajar jarak jauh tanpa internet tersebut, namun dari dialog guru dengan muridnya, kemungkinan besar proses belajar jarak jauh itu berada di Sumatera Barat (Sumbar).

Penggunaan radio komunikasi sudah tentu tidak memerlukan kuota internet. Radio itu hanya membutuhkan pasokan listrik untuk mengisi daya baterainya.

Meski komunikasinya terbatas dibandingkan menggunakan aplikasi Zoom atau Google Classroom yang menghabiskan kuota internet, namun menggunakan radio komunikasi bisa menjadi solusi karena hanya membutuhkan listrik untuk mengisi daya radio.

Harga satu set radio komunikasi bervariasi antara Rp 100 ribu hingga Rp 400 ribu -an. Itu senilai dengan harga kuota internet yang dibeli setiap bulan berkisar Rp 100 ribu an pula. Memang, di mana ada kemauan di situ ada jalan untuk kebaikan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini