Kota Surabaya Bikin Layanan yang Tak Bikin Malu Pasien Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya membuka layanan yang tidak membuat malu warga saat terpapar atau terinfeksi Covid-19 karena bisa langsung menghubungi contact center (CC) 112 sehingga tidak perlu mendatangi fasilitas kesehatan. Selain itu proses yang akan mereka lalui tidak diketahui masyarakat lainnya.

Layanan yang kemudian diberi nama undercover 112 tersebut memperlancar melakukan pelacakan kontak erat.

“Tujuannya, untuk memperoleh intervensi secara lebih soft (halus) dan tidak diketahui oleh masyarakat lainnya,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser dalam keterangannya yang dikutip Sabtu 28 Agustus 2021.

Mekanismenya ketika seorang warga dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, dia dapat segera menghubungi layanan 112 tersebut agar bisa mendapat arahan selanjutnya.

Sejak itu petugas akan melakukan penanganan tanpa diketahui orang lain sehingga tidak menimbulkan tekanan psikologis.

Setelah itu kontak erat akan dilakukan swab sehingga tidak ada penundaan yang diterima petugas.

Maka, dia menegaskan tidak semua laboratorium, klinik maupun rumah sakit yang telah melakukan swab lalu hasilnya positif langsung mengentri data pada hari yang sama.

Makanya, dia meminta keterlibatan peran aktif pasien untuk melaporkan ke CC 112 untuk mempercepat penanganan dan penularan wabah dunia tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemkab Sleman Gelar Seremonial Pamitan Calon Jamaah Haji Sleman tahun 2024

Mata Indonesia, Sleman - Sebanyak 1.253 calon jamaah haji asal Kabupaten Sleman mengikuti kegiatan pamitan haji tahun 2024 yang diselenggarakan Pemkab Sleman dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (17/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini