Komentator Kerajaan Sebut Akan Ada Drama di Peresmian Patung Putri Diana

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Pangeran William dan Pangeran Harry tampaknya akan mengesampingkan ego dan perbedaan masing-masing saat peresmian patung mendiang sang ibu, Putri Diana. Bila saja masih ada, Diana Frances Spencer seharusnya genap berusia 60 tahun hari ini.

Akan tetapi, Putri Diana tewas secara mengenaskan dalam sebuah kecelakaan mobil di Kota Paris, Prancis tahun 1997. Untuk menghormati mendiang sang Putri, maka dibuatlak patung dirinya di Taman Sunken Istana Kensington di pusat Kota London, yang merupakan bekas rumahnya.

“Saya pikir ini akan sangat canggung. Mereka akan mengadakan pertunjukan karena kamera akan ada di sana, tetapi tidak satu pun dari mereka yang pandai menyembunyikan emosi mereka,” kata komentator kerajaan Penny Junor, melansir Reuters, Kamis, 1 Juli 2021.

William masih berusia 15 tahun, sementara Harry berusia 12 tahun ketika limosin yang membawa ibu mereka dan kekasihnya Dodi al-Fayed jatuh di sebuah terowongan di Paris saat melaju menjauh dari kejaran paparazzi.

Baik Pangeran William maupun Pangeran Harry telah berbicara mengenai trauma mendalam yang disebabkan oleh kehilangan sang ibu, dan bagaimana hal itu mempengaruhi kesehatan mental mereka selama bertahun-tahun.

Rencananya, peresmian tersebut akan dihadiri oleh sekelompok peserta terpilih, termasuk para pangeran dan keluarga dekat mendiang Putri Diana di Istana Kensington –tempat Pangeran William tinggal bersama istri dan anak-anaknya.

Sementara Pangeran Harry, yang dulu tinggal di istana memilih untuk hijrah ke California, Amerika Serikat setelah dia dan istrinya, Meghan Markle memutuskan mengundurkan diri dari tugas resmi kerajaan tahun lalu.

Sejak saat itu, pasangan tersebut meluncurkan berbagai serangan berduri terhadap keluarganya dan institusi kerajaan, termasuk tuduhan rasisme yang dia dan Meghan buat dalam sebuah wawancara dengan Oprah Winfrey.

Terlepas dari masalah tersebut, Pangeran Harry terbang ke Inggris untuk menyaksikan pemakaman sang kakek, Pangeran Philip pada bulan April.

Patung tersebut akan menjadi peringatan kedua bagi Putri Diana di London, setelah air mancur sepanjang 210 meter (689 kaki) diresmikan di Hyde Park tahun 2004 yang sempat menuai perdebatan birokrasi dan pertengkaran mengenai desainnya selama bertahun-tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pembukaan WWF ke-10: Indonesia Dorong Kolaborasi Hadapi Masalah Air Global

BALI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka 10th World Water Forum di Bali International Convention Centre (BICC),...
- Advertisement -

Baca berita yang ini