Keunikan Jersey Ajax Amsterdam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di setiap klub sepak bola pasti memiliki jersey yang menjadi identitas mereka. Ajax Amsterdam memiliki keunikan tersendiri di jersey-nya.

Ajax Amsterdam merupakan klub sepak bola yang sudah ada sejak 1900 di Belanda. Menurut majalah sepak bola, French Football, Jersey Ajax termasuk ke dalam jersey terunik serta menarik dan masuk urutan teratas dalam daftar 50 kostum tim terunik. Pada tahun 1970-1973, jersey Ajax dinilai paling menarik dan tidak terlupakan.

Ajax Amsterdam merilis jersey home dan away dalam waktu bersamaan yang disponsori oleh Adidas, menjadikan desain baju bola terbaik. Jersey yang dimiliki Ajax mempunyai keunikan yang dikenal banyak orang dengan dua perpaduan warna, putih dan merah.

Jersey ini terlihat simpel, tetapi berkelas. Bagian tengah merah yang berbentuk vertikal diapit warna putih kanan dan kiri menjadi ciri khas tersendiri bagi klub ini. Kerahnya menggunakan model V untuk memberikan kesan klasik. Di bagian tengah depan terdapat logo Aegon, yang sudah menjadi sponsor terlebih dahulu, terlihat cukup besar. Kanan dan kirinya, logo klub Ajax dan Adidas.

Celananya hanya berwarna putih saja dengan garis merah di bagian sisi kanan dan kiri. Jersey home ini menggunakan font baru yang spesial dikhususkan untuk musim ini. Sedangkan kaos kakinya berwarna putih dengan bagian atasnya berwarna merah garis putih dan beserta logo Adidas.

Jersey away memiliki perbedaan yang sangat jauh dan mencolok dari jersey home. Jersey awal memiliki dua perpaduan warna biru yang kontras. Jersey away disponsori oleh brand yang berbeda dengan jersey home. Jersey home masih disponsori oleh Aegon, sedangkan jersey away di bagian depannya logo organisasi nirlaba Fonds Gehandicaptensport.

Untuk celananya, berwarna kuning cerah dengan garis biru tua di bagian masing-masing sisi dan kaos kakinya berwarna biru tua di bagian atasnya bergaris kuning cerah.

Tidak lupa, di masing-masing jersey ini terdapat logo klub Ajax Amsterdam. Logo klub yang digunakan berbentuk abstrak dari logo lama klub ini yang sudah digunakan selama kurang lebih 62 tahun. Pada bagian logo terdapat tiga bintang, yang melambangkan prestasi Ajax Amsterdam juara di Liga Belanda sebanyak 31 kali. Setiap bintang diartikan sebagai 10 kali juara.

Di dalam logo Ajax terdapat wajah seorang pahlawan Yunani bernama Ajax. Gambar wajah inilah yang menjadi salah satu daftar keunikan karena gambar wajah hampir tidak ditemui di logo klub sepak bola yang lain.

Reporter: Laita Nur Azahra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini