Ketua PDP Pemuda Mandala Trikora Tegaskan Papua Bagian Integral Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, SENTANI – Ketua PDP Pemuda Mandala Trikora Albert Ali Kabiay menegaskan bahwa Tanah Papua merupakan bagian integral atau tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Maka masyarakat harus stop untuk menyatakan Papua bukan bagian dari NKRI,” ujarnya, Minggu 18 Juli 2021.

Ali juga berharap agar pemerintah pusat terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian dan taraf hidup warga Papua. “Perlu program yang benar-benar mendukung peningkatan ekonomi masyarakat karena permasalahan yang terjadi sumbernya masalah kesejahteraan ekonomi,” katanya.

Ia juga memberikan apresiasi atas pengesahan Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua (Otsus Papua) menjadi Undang-Undang oleh DPR RI beberapa waktu lalu.

Ali melihat ada segelintir masyarakat Papua yang perlu diberikan edukasi mengenai manfaat dari Otsus Papua. Ia pun terus berupaya melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman soal sisi positif dari kebijakan tersebut. Di antaranya dengan aktif memberikan pembinaan kepada para petani di Kampung Kelusu, Kabupaten Jayapura dalam program Cenderawasih Petani Mandiri (CPM). Program ini merupakan hasil bentukan dari Mantan Kabinda Papua (Alm) Mayjen I Putu Danny Nugraha.

“Ini merupakan langkah nyata menggalang masyarakat untuk tetap mendukung program pemerintah sehingga mereduksi pemikiran untuk merdeka atau lepas dari Indonesia,” ujarnya.

Ali pun berharap program serupa harus terus digiatkan secara berkala menggunakan dana Otsus sehingga masyarakat merasakan secara nyata imbas dari Otsus.

Selain itu, ia juga meminta pemerintah pusat untuk melakukan evaluasi dan belajar dari pelaksanaan Otsus jilid I yang dinilai kurang optimal karena banyak dikorupsi oleh kalangan elit. “Otsus harus dievaluasi dan diaudit khususnya elit pejabat yang menggunakan otsus untuk mendukungkung kegiatan yang bertentangan dengan pusat,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini