Kasus Positif Covid1-19 Mencapai 12 Ribu, DKI Masih Tertinggi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin meluas. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pada Selasa 5 Mei 2020, kasus infeksi positif Covid-19 telah mencapai 12.071 kasus.

Tercatat sejak Senin 4 Mei 2020 adanya penambahan 484 kasus baru. Sebanyak 9.002 orang tengah menjalani perawatan medis. Sementara tingkat kematian di Indonesia sebesar 7,224 persen dari kasus terkonfirmasi atau sebanyak 872 orang. Sebanyak 2.197 orang lainnya telah dinyatakan sembuh dan negatif dari virus.

Lalu daerah mana saja yang terbanyak terkena infeksi virus ini?

1. DKI Jakarta

Dari sekian banyak wilayah di Indonesia, Ibu Kota Indonesia ini masih menjadi daerah terbanyak penyebaran virus covid 19.

Jumlah kasus positif kembali melonjak pada Selasa 5 Mei 2020, setelah sempat turun pada Senin 4 Mei 2020. Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 mencatat dalam satu hari jumlah kasus positif bertambah 148 orang, sehingga totalnya 4.687 orang.

Pemerintah DKI Jakarta telah mengambil kebijakan dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 10 April dan kemudian diperpanjang sampai 22 Mei 2020.

2. Jawa Barat

Tetangga DKI Jakarta, Jawa Barat adalah wilayah kedua dengan kasus positif terbanyak di Indonesia.
Sebagai wilayah yang berdekatan dengan DKI Jakarta, sejak awal Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengajukan PSBB di wilayahnya.

Pada Selasa 5 Mei 2020, situs resmi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat mencatat  jumlah pasien positif corona yang tersebar di Jawa Barat mencapai 1.300 orang. Dari data tersebut sudah ada 167 pasien yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Sementara jumlah pasien yang meninggal dunia tercatat 87 orang.

Tingginya kasus positif membuat pemerintah setempat mengambil kebijakan PSBB yang akan diberlakukan secara menyeluruh di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat pada 6 Mei 2020.

3. Jawa Timur

Jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di wilayah Jatim masih melonjak. Bahkan, sepekan terakhir kenaikannya cukup drastis.

Dari evaluasi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jatim, ada sejumlah faktor yang jadi pemicu utama. Salah satunya adalah belum maksimalnya penerapan protokol kesehatan di lingkungan industri serta masih longgarnya pemantauan di pusat keramaian.

Kondisi itu bukan tanpa alasan. Sebab, penambahan pasien baru positif Covid-19 berasal dari sejumlah klaster industri dan pusat keramaian, terutama pasar.

Jawa Timur menjadi provinsi ketiga dengan kasus infeksi Covid-19 terbanyak. Tercatat 1.171 kasus dengan 180 orang telah sembuh dan 117 orang meninggal dunia.

Belum semua daerahnya mengajukan PSBB, baru tiga daerah yang elah menerapkan kebijakan ini yaitu Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

4. Jawa Tengah

Daerah pertama yang ketat mengajukan pembatasan wilayah adalah Tegal di Jawa Tengah. Namun kasus positif infeksi Covid-19 di Jawa Tengah juga terus naik.

Saat ini tercatat sebanyak 849 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 132 orang dinyatakan telah sembuh. Virus SARS-CoV-2 telah menewaskan sebanyak 62 orang.

Meskipun masuk dalam lima besar daerah dengan kasus positif Covid-19 terbanyak, pemerintah daerah belum mengambil keputusan untuk menerapkan kebijakan PSBB.

5. Sulawesi Selatan

Kasus positif virus corona ( Covid-19) di Sulawesi Selatan mengalami penambahan sebanyak 33 orang pada Selasa 5 Mei 2020.  Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel Muhammad Ichsan Mustari mengatakan, sudah ada 640 kasus positif Covid-19 di Sulawesi Selatan yang tersebar di 21 Kabupaten/Kota.

Tiga daerah yang belum memiliki kasus positif yakni Kabupaten Toraja Utara, Barru, dan Bantaeng. “640 ini angka yang positif dan pernah positif karena di antara ini ada 228 pasien yang teah sembuh, 367 dirawat, dan 45 meninggal dunia,” kata Ichsan

6. Banten
Wilayah paling rawan terpapar kasus Covid 19 adalah Provinsi Banten. Saat ini 458 kasus positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 117 orang telah dinyatakan pulih. Adapun jumlah kasus kematian akibat virus SARS-CoV-2 ini di Banten sebanyak 41 kasus. Kasus positif lebih banyak di wilayah yang dekat dengan Jakarta, yaitu Tangerang dan Tangerang Selatan.

7. Nusa Tenggara Barat
Sebanyak 285 kasus positif terkonfirmasi terjadi di Nusa Tenggara Barat. Dari jumlah kasus tersebut, sebanyak 46 orang telah dinyatakan pulih. Sementara itu, virus telah menewaskan 4 orang.

8. Bali
Sebanyak 277 kasus terkonfirmasi positif terinfeksi corona terjadi di Bali. Sebanyak 4 orang meninggal dunia dan 160 orang lainnya telah dinyatakan negatif dari virus. Pemerintah Bali belum menerapkan kebijakan PSBB untuk menekan penyebaran virus. Hingga saat ini jumlah yang terinfeksi sudah mulai menurun.

9. Papua
Kasus positif Covid-19 di Papua sejauh ini mencapai 247 kasus. Dari kasus yang ada, sebanyak 48 orang dinyatakan telah sembuh. Virus corona dilaporkan telah membuat 6 orang di Papua meninggal dunia.

10. Sumatera Barat

Kasus terkonfirmasi positif di Sumatera Barat tercatat sebanyak 221 kasus. Sebanyak 38 orang telah sembuh dan 16 orang lainnya meninggal dunia akibat virus SARS-CoV-2 ini. Pemerintah Sumatera Barat telah menerapkan kebijakan PSBB sejak 22 April 2020 lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini