Kadin: Vaksinasi Jadi Solusi Bangkitkan Perekonomian Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid mengatakan Kadin mendukung percepatan program vaksinasi covid-19 yang dilakukan pemerintah. Pasalnya, dengan adanya program ini semakin banyak masyarakat terlindungi dan roda perekonomian bangkit.

“Dalam keadaan seperti ini kita memang harus fokus kesehatan dulu, dimana vaksinasi adalah upaya melindungi masyarakat dari covid-19 lantaran belum ada obatnya hingga kini,” katanya.

Menurut Arsjad, roda ekonomi sekarang mengalami perlambatan akibat pandemi. Penyakit yang cepat menular dari satu orang ke lainnya ini membuat masyarakat menjadi ketakutan. Akibatnya, mobilitas terbatas dan perekonomian pun berimbas.

Kadin, tambahnya, terus mendata perusahaan dalam program vaksinasi Gotong Royong dengan sasaran lebih dari 8,6 juta orang divaksinasi. Harapannya, vaksin untuk karyawan perusahaan tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa aman bagi pekerja, sehingga diharapkan produktivitas kembali normal.

Sebagai langkah mendorong gerak laju ekonomi, Arsjad menekankan pentingnya kerja sama antara pengusaha dalam Kadin dan pemerintah dapat selaras dan padu dari tingkat pusat sampai ke level kabupaten dan kota.

Kadin pun mengapresiasi langkah pemerintah Presiden RI Joko Widodo yang telah mengeluarkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sektor otomotif, sehingga mendorong pemulihan industri otomotif yang terdampak pandemi.

Kemudian pemerintah juga menambah insentif sektor properti berupa penghapusan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) jadi nol persen alias PPN ditanggung pemerintah.

“Ingat, kita ini lagi perang ekonomi dan perang kesehatan. Kalau ingin menang, maka harus inklusif dan kolaboratif,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini