Kadin dan Pemerintah Bersinergi Geliatkan Perekonomian Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ekonom Piter Abdullah, menilai selama ini Kamar Dagang dan Industri (Kadin) telah berperan dalam membantu pemerintahan, namun tetap perlu terus diperkuat.

“Selama ini Kadin sudah banyak berperan, tapi tantangannya akan lebih besar. Peran Kadin juga diharapkan lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Menurut Peter, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam menggeliatkan perekonomian di Tanah Air, sehingga dibutuhkan sosok pemimpin Kadin yang bisa bersinergi dengan pemerintah.

Pemerintah harus bekerja sama dengan sektor swasta bahkan harus lebih ditingkatkan dengan mengoptimalkan berbagai asosiasi usaha terkait.

Kadin juga perlu melakukan riset dan pengembangan yang dijadikan masukan kepada pemerintah.

“Dukungan pemerintah kepada dunia usaha selama ini sudah sangat baik, tinggal bagaimana meningkatkan sinergi yang sudah terjalin itu agar mampu menciptakan kebijakan-kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Piter.

Mantan Menteri Perindustrian yang juga pengusaha nasional MS Hidayat, menilai Kadin Indonesia yang merupakan wadah tunggal dunia usaha perlu memperkuat kolaborasi dengan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan ekonomi ekonomi.

Calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 yang akan terpilih dalam Munas Kadin, menurut dia, harus mampu memperkuat kolaborasi bersama pemerintah dan menjadikan Kadin sebagai rumah inklusif bagi semua kalangan.

“Jika Munas Kadin digelar dan terpilih Ketua Umum Kadin yang baru, maka tugas pertamanya adalah langsung menjadi mitra kerja pemerintah dan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini