Jubir: Belum Ada Rekomendasi Pemberian Vaksin Covid19 untuk Anak-Anak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksin Covid19 dari Sinovac belum direkomendasikan untuk anak-anak di bawah 18 tahun, sebab hingga kini belum ada rekomendasi pemberian vaksin untuk mereka.

Rekomendasi penasehat imunisasi nasional atau Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) belum menyarankan hal tersebut.

“Sementara berdasarkan data kajian klinis dan rekomendasi ITAGI pada usia 18 hingga 59 tahun,” kata Juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Selasa 15 Desember 2020.

Sampai hari ini, pemerintah masih menunggu kajian dan data yang lebih akurat soal peruntukan serta penggunaan vaksin buatan perusahaan farmasi Sinovac, Cina.

Meskipun anak-anak termasuk pada kelompok rentan dan jumlahnya relatif besar namun tidak bisa divaksin sebelum ada kajian ilmiah.

Terakhir, meskipun vaksin sudah tiba di Tanah Air, penerapan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun tetap wajib dilakukan.

Sebab, 3M merupakan alat pencegahan utama untuk melindungi diri dari penularan COVID-19 dan harus dilakukan secara kolektif. Artinya, ketiga perilaku pencegahan dilaksanakan sekaligus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini