Jokowi Ingatkan Fenomena Ruralisasi, Seluruh Dana Harus Diarahkan ke Desa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi menegaskan fenomena yang bakal terjadi sekarang bukan lagi urbanisasi, tetapi ruralisasi. Hal itu terjadi karena mereka yang biasa mendapat nafkah di kota di masa pandemi ini akan pulang ke desa akibat pandemi Covid19.

“Orang-orang dari kota yang selama ini mereka mendapat pekerjaan dan penghidupan di kota akan berduyun-duyun kembali ke desa,” ujar Menteri Koodinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai rapat terbatas 24 September 2020.

Maka, Jokowi meminta skema jaring perlindungan sosial harus tetap sasaran. Begitu juga penanggulangan kemiskinan yang digalakkan berbagai kementerian supaya dikaitkan dengan ekonomi desa.

Daya ungkit desa juga harus diperkuat dengan mengoptimalkan potensi desa atau lokal. Sisa anggaran di Kementerian Desa supaya bisa direalisasikan secepat mungkin antara Oktober hingga Desember 2020.

Untuk itu, Jokowi meminta dana-dana di kementerian yang bermuara desa agar diintegrasikan supaya penyerapan diperbesar sehingga memperkuat daya ungkit di pedesaan yang signifikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini