Jokowi: Indonesia Harus Mandiri, Target Vaksin Akhir Tahun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menegaskan, Indonesia harus bisa memproduksi vaksin corona atau Covid-19 secara mandiri, yang nantinya dipakai untuk keperluan dalam negeri.

Hal ini disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy, yang menyebut Jokowi ingin peneliti Indonesia meniru 147 negara lain yang tengah berlomba-lomba menciptakan vaksin sendiri.

“Terkait vaksin Indonesia harus mandiri. Target Indonesia bisa memproduksi akhir tahun ini,” kata Muhadjir, Kamis 4 Juni 2020.

Ia berkata, vaksin buatan dalam negeri itu harus tercipta, mengingat pemerintah tak bisa mengandalkan impor karena jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak.

“Kita punya 270 juta warga sehingga mau tidak mau, tidak mungkin mengandalkan impor. Jadi harus siap siap melakukan riset vaksin untuk Indonesia sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, Menristek Bambang Brodjonegoro mengatakan, penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia membutuhkan waktu minimal satu tahun.

“Bagaimana soal obat dan vaksin? Ini jangka menengah panjang. Untuk vaksin Corona, misalnya, kira-kira dibutuhkan paling tidak satu tahun ya minimal,” ujar Bambang, April 2020 lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini