Jawa Timur Terancam Cuaca Ekstrem, Waspada Gelombang 2,5 Meter

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – BMKG Juanda di Sidoarjo mengingatkan, sebagian besar wilayah Jawa Timur berpotensi dihantam cuaca ekstrem seperti angin kencang dan hujan deras.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya berbagai bencana alam.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep,” kata Teguh, Selasa 24 November 2020.

“Untuk suhu udara berkisar antara 14 sampai dengan 35 derajat celsius dengan tingkat kelembaban udara berkisar antara 55 sampai 100 persen. Selain itu, angin masih didominasi dari arah timur ke timur laut dengan kecepatan 5 sampai dengan 30 kilometer per jam,” ujarnya menambahkan.
Sementara untuk kondisi maritim perairan Jatim, kecepatan angin maksimum di laut Jawa bagian timur sekitar 19 knots (35km/jam) dan di Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (28km/jam).
Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 1,2-1,3 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0,2-1,5 meter, sedangkan di Samudera Hindia selatan Jatim antara 1-2,5 m.
“Waspada tinggi gelombang lebih dari 2,5 m di Samudera Hindia selatan Jatim,” kata Teguh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini