Jaringan Fiber Optik Indonesia-Singapura Putus, Internet Tersendat-sendat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Terjawab sudah kenapa kecepatan internet tiba-tiba menurun. Menurut Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza, ada jaringan kabel fiber optik bawah laut antara Indonesia ke Singapura putus.

Gangguan ini terjadi di segmen Ancol-Bangka. Akibatnya, internet menjadi lemot.

“Ya, benar. Salah satu kabel laut international ke arah Singapura terjadi cut di segmen Ancol-Bangka,” kata Jamal, seperti dikutip dari Merdeka, Jumat 19 Februari 2021.

Sementara ini, para petugas tengah melakukan reroute ke kabel lain. Secara rinci, Jamal belum mengetahui lebih jelas soal putusnya kabel fiber optik ini.

Ia berkata, kemungkinan besar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaiki kerusakan kabel fiber optik bawah laut.

“Ini bisa butuh waktu yang lama, karena posisi nya di laut. Tetapi para penyelenggara interent sudah gerak cepat melakukan reroute. Mudah-mudahan Senin sudah bisa kembali normal,” ujarnya.

Karena putusnya jaringan fiber optik ini, hampir semua traffic internasional mengalami gangguan. Dampaknya juga cukup luas karena sebagian besar penyelenggara telekomunikasi menggunakan sistem kabel ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini