Jangan Panik, Mutasi Virus Penyebab Covid19 Hal Wajar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berita mutasi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid19 sering membuat masyarakat panik. Padahal, pakar biologi molekuler Riza Putranto menilai itu sebagai hal yang wajar.

“Ya, SARS-CoV-2 termasuk dalam keluarga virus dengan material genetik berupa RNA. Keluarga virus berbasis RNA ini marwahnya memang bermutasi,” begitu pernyataan Riza yang diterima Mata Indonesia News, Rabu 17 Februari 2021.

Menurut dia, mutasi pada virus penyebab Covid19 itu adalah hal yang wajar. Riza menyebut hal itu sebagai marwah dari virus pada umumnya.

Jika karena mutasi itu seluruh ilmuwan di dunia ramai-ramai mengawasinya, menurut Riza, untuk mengetahui karakteristik perubahannya.

Dalam bahasa sederhana, Riza mengungkapkan para ilmuwan ingin mengetahui tingkat kerepotan seperti apa yang ditimbulkan dari virus yang bermutasi tersebut.

Misalnya apakah virusnya lebih cepat menular, akan menimbulkan kesakitan lebih berat kepada orang yang terinfeksi atau ada kemungkinan menurunkan efikasi vaksinnya.

Maka, Riza tetap mengimbau seluruh masyarakat Indonesia wajib terus menegakkan 5 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, menyuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan, serta mengurangi keluar rumah.

Menurut dia, kita semua juga masih harus bersabar karena akan bermanfaat menyelamatkan diri sendiri maupun orang lain.⠀

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini