Jangan Lengah, Terorisme Kerap Sasar Anak Muda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada tahun 2019, Densus 88 pernah menangkap dua terduga teroris di Bekasi berininsial EY dan YM. Khusus EY merupakan sosok senior di kelompok teroris JAD yang mahir dalam merakit bom dan merekrut kader baru.

EY berhasil merekrut anak muda bernama Kautsar alias Y yang baru saja lulus tahun 2019.  Kasus ini merupakan contoh dari pergeseran pola rekrutmen di dalam kelompok teroris JAD. Salah satu penyebabnya adalah anak muda gampang disusupi paham radikalisme.

Selain itu penangkapan teroris berusia remaja juga pernah terjadi di Jembrana, Bali pada tahun 2019. Pelaku yang berininsial ZA itu masih berusia 14 tahun sehingga kepolisian memperlakukannya secara khusus.

Fenomena merebaknya paham radikalisme dan terorisme di kalangan remaja tidak lepas dari era kemajuan teknologi yang semakin memudahkan aliran informasi. Kondisi ini yang dimanfaatkan oleh kelompok teroris untuk menyebarkan ideologi radikal kepada anak-anak muda atau remaja.

Pemahaman radikal juga mudah masuk dipicu karena mereka masih mencari jati diri dan memiliki semangat yang tinggi.

Pengamat intelijen dan terorisme Stanislaus Riyanta juga mengemukakan bahwa anak remaja masih membutuhkan eksistensi dan kelompok radikal dinilai bisa memanfaatkan situasi ini.

Maka penamanam nilai-nilai kebersamaan, keterbukaan dan kebhinekaan perlu dilakukan bertahap untuk menyasar anak-anak muda.

“Harusnya dilawan dengan membuat ideologi Pancasila dan nasionalisme lebih menarik generasi muda sehingga tidak terjerumus ke dalam ideologi lain,” kata Stanislaus saat berbincang dengan Mata Indonesia News, 27 Januari 2021.

Penguatan para pemuda dalam konteks ideologi, kewirausahaan, dan jiwa kepemimpinan harus diperkuat dengan melibatkan semua pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Masuk Radar PDIP Bantul sebagai Calon Bupati, Soimah Pancawati Punya Jawaban Begini

Mata Indonesia, Yogyakarta - Artis terkenal Soimah Pancawati masuk dalam radar DPC PDIP Bantul di Pilkada DIY 2024 mendatang. Bahkan tak hanya PDIP saja, beberapa partai lain juga melirik sosok penyanyi tersebut untuk bertarung di Pilkada, November 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini